nhk

Marquez Juara MotoGP 2013 Di Valencia: Rekor Termuda, Spencer Turut Bangga

ManiakMotor – Menjadi juara dunia 2013 setelah finish ke- 3 di GP Valencia, Minggu (10/11), Marc Marquez kini pemilik rekor pembalap termuda juara dunia kelas primer. Mematahkan rekor Freddie Spencer yang bertahan 28 tahun. Apa kata Spencer?

Dalam usianya yang 20 tahun sudah banyak rekor dicatatkan Marc Marquez. Setidaknya kini MM memiliki 24 catatan rekor pribadi di ajang balap motor dunia, sebagian besar tercatat sebagai pembalap termuda. “My dream come true,” kata Marquez dalam jumpa pers. Yang artinya mimpi jadi kenyataan.

Di kelas MotoGP, misalnya, Marquez jadi rookie paling sensasional dengan sejumlah catatan. Rookie terbanyak meraih kemenangan, jumlah podium, dan pole position. Ia juga rookie pertama yang meraih empat pole secara beruntun dan sejumlah catatan menarik lain sebagai pebalap termuda.

Dalam katagori itu tentu yang paling spektakular adalah suksesnya menjadi juara dunia 2013 dalam usianya yang baru 20 tahun 8 bulan. “Ini juara lebih cepat dari yang saya bayangkan. Saya mungkin pembalap terburuk yang pernah ada,” tambah Marquez mengingat-ingat gaya balapnya di lintasan yang ganas.

 Rider kelahiran Cervera (Catalan), Spanyol, pada 17 Februari 1993 itu kini tercatat sebagai juara dunia termuda kelas premier class. Rekor ini sebelumnya dipegang Freddie Spencer (AS) dalam usia 21 tahun kala menjadi juara dunia 1985.  “Banyak orang yang menanyakan komentarku jika rekor termuda dipecahkan orang lain. Jawabannya, saya senang.  Jika kamu yang memecahkan rekor itu, saya akan jadi orang pertama yang mengucapkan selamat,” janji Spencer yang kini berusia 51 tahun.

Itu janji yang ia ucapkan saat bertemu MM kali pertama medio Juni silam. “Itu bagus untuk perkembangan balap motor dunia. Saya lebih peduli pada hal tersebut. Jika rekor bertumbangan, artinya balap motor dunia ini berkembang sebagaimana mestinya. Itu akan membuat fans lebih bergairah,” lanjut Spencer.

Iya betul juga tuh Om! Tapi, rekor Marquez sebagai termuda akan bisa dipecahkan berapa tahun kemudian ya? Jangan-jangan lebih lama lagi karena bakal sulit menemukan talenta muda semacam MM. Doski ini barang langka yang belum tentu ada dalam 10 tahun sekali.

Belum  tentu juga dalam puluhan tahun ke depan terdapat rookie sejaib dirinya. Setelah Kenny Roberts Sr pada 1978, baru Marquez inilah yang bisa jadi juara dunia dalam posisi  sebagai rookie. Itu rekor yang dipegang Roberts sepanajang 33 tahun.Saya tidak dapat mengungkap dengan kalimat gembira dapat titel ini,” tutup Marquez.

Slamet Marc. Andro

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2013, Moto2 2013, Moto3 2013

Hasil MotoGP Valencia Spanyol 2013, Semua Sesi & Kelas, 8 – 10 November

MotoGP 2013 Valencia (Race); Marquez Juara Dunia, Lorenzo Juara Spanyol

 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353