nhk

Mata Owi Nurhuda Resep Kencang Honda

Pandangan mata Owie Nurhuda pada sirkuit, justru resep Honda Blade kuenceng. Memang, didukung faktor  mesin, sasis dan suspensi Honda saat ini. Tapi, Owi yakin mata yang membuatnya lebih terampil. Prestasi Owie yang memperkuat Honda MS Nissin TOP 1 KYT FDR Denso FDR (HMNTKFDF) meningkat di IP dan baru lalu juara di OMR Honda atau yang dikenal Honda Racing Championship (HRC). Hati-hati ya, bukan mata keranjang.

 

Sayap terbang saat ini, dihuni pembalap kelas satu. Di sana ada Denny Triyugo, Hokky Krisdianto dan Wawan Hermawan. Parameter pembanding di event HRC sudah cukup. Jika hanya IP, doing (nih doing keluar melulu kalau ketik doing, eh doang), dianggap keberuntungan belaka.  “Mata bagian dari keterampilan membalap. Fungsinya sama dengan organ tubuh yang lain,” jelas Owie yang yang mengaku dapat elmu mata  sekitar pertengahan tahun lalu. Yang jelas, ilumunya bukan dari Tukul Arwana. Eeeeeeempat, maaata!

Syarat jadi atlet, harus memiliki pengayaan gerak. Termasuk gerakkan mata sebagai indra lihat. Mata yang dimaksud supaya rajin jelalatan. Itu sih lirik yang muyus-muyus. Anggap saja begitu. Pandangan harus luas, jauh dan cepat. Jika pandangan sempit atau pendek, stamina melorot. Di tikungan juga lambat. Apalagi pandangan hanya ke bawah searah tikungan, pembalap merasa motor sudah di atas 200 km/jam. Boro-boro, bebek di sirkuit dadakan paling kencang 120 km/jam.

Coba masuk tikungan, mata seharusnya hanya sebentar di tikungan tersebut. Sebab, dari jauh tikungan itu telah diamati dengan mata juga. Ekor mata dan hati sudah di tikungan berikutnya. “Selain pandangan luas, keadaan di depan bisa dikontrol. Buka gasnya lebih yakin. Tapi ini harus dilatih terus. Saya enam bulan baru bisa menikmatinya,” kata Owie yang lirik ke sana ke mari. Maklum, umbrella girls barusan lewat.   

Perhatikan baik-baik para pembalap MotoGP, kepala mereka seperti dipelintir saat menikung. Pandangannya mereka ingin menjangkau di balik tikungan. Tikungan yang mereka jejaki telah dianggap aman. Lantaran, sebelum ke situ mereka sudah memperikan dengan pandangan tadi. “Makanya dia saya pilih. Dia main  feeling,” jelas Farryd Sungkar yang adik dari Osama, eh, Helmy Sungkar itu. pemilik HMNTKFD pada pembalap yang memulai karir dari 4-tak tersebut.

Dari mata turun ke hati. Don Miolo

BERITA TERKAIT:
Jupiter Z Topan Juara IP
Modifikasi Honda Blade, Pemenang IndoPrix Kenjeran
Tim Dan Pembalap IndoPrix 2012, Lengkap..!
IndoPrix Seri 2, Ini Yang Bikin Ketat…
IndoPrix Seri 2 Race 2 IP1, Widodo Loyo
IndoPrix Seri 2 Race 1 IP1, Yamaha Membalas

 

 

 




 

 

 

 

BAGIKAN