nhk

Mau Terampil Nunggang Motor, Honda Yogya Siap Kasih Ilmu

Honda, safety riding, yogya, big bike

ManiakMotor – Soal safety riding di antara APM, Honda udah paling rajinlah. Terutama Astra Motor Yogyakarta (AMY) terhadap, ya pelajar, institusi, juga bersama komunitas seperti Honda Big Bike Yogyakarta & Friends yang dilakukan di Astra Motor Safety Riding Center Yogyakarta (4/2). Pelatihan ini diikuti 25 pengandara yang sering jalan turing.

Peserta pelatihan kali ini, menurut Muhammad Ali Iqbal (Safety Riding Supervisor AMY) merupakan anggota komunitas yang sudah sering melakukan perjalanan touring ke berbagai daerah. Tapi, di antara mereka banyak yang belum pernah mendapatkan pelatihan safety riding. Melalui pelatihan ini diharapkan setiap peserta bisa memiliki skill, wawasan, dan kesadaran mengenai perilaku aman saat berkendara. Sehingga ke depannya masing-masing peserta dapat berkontribusi dalam menekan angka kecelakaan di jalan raya.

Dalam pelatihan ini, ada teori dan praktik. Teorinya, di antaranya mengenal persiapan, sikap, perilaku, risiko di jalan raya hingga ketrampilan berkendaran. Sedang praktik ada tiga materi meliputi braking, narrow plank, dan slalom course.

Untuk pengereman, peserta harus menguasai ketrampilan penggunaannya. Teknik pengereman yang baik akan menghasilkan jarak pengereman yang pendek dan pengendalian yang stabil. Lalu, narrow plank (keseimbangan). Peserta meniti papan keseimbangan. terakhir, slalom course. Di sini peserta diasah ketrampilannya dalam mengendalikan sepeda motor melewati bermacam jenis tikungan.

Sebagai tambahan peserta yang sebagian merupakan pengguna Big Bike juga mendapatkan materi mengenai teknik mendirikan Big Bike yang roboh. Materi ini cukup menarik mengingat mendirikan Big Bike dengan bobot yang relatif berat akan sangat sulit jika tidak dibarengi dengan teknik yang benar. Rilis Honda Yogyakarta

 

BAGIKAN