nhk

Mekanik Blak-Blakan Potensi All New Satria F150 Fi (Injeksi) Di Balap Motor, Hadangan MX King-Sonic 150R!

 

 

ManiakMotor – Gumpalan tenaga All New Satria F150 Fi dari standarnya, menarik ditunggu di arena balap. Ssttt.. sabar! Mari ngobrol dulu dengan Waskito Ngubaini alias Merit (MRT Racing) Solo. Merit tertangkap hadir pada launching All New Satria F150 di sirkuit Sentul (16/2).

Merit yang dikabarkan pindah pabrikan, kini tak harus malu-malu lagi. Kaos yang dipakai sudah Suzuki banget walaupun tetap dengan warna yang sama alias biru. Hehe.. Nah, mekanik kawakan itu diplot Suzuki untuk bertempur di MotoPrix musim depan.

Tapi, soal formasi komplit sampai berita ini diketik memang belum diumumkan secara resmi. “Progressnya sudah 75%, telah uji jalan juga mesin yang saya bangun. Tapi memang belum sampai test karakter rider,” buka pria bergelar Sarjana Teknik (ST) itu.

Dijelaskan lebih lanjut, proses riset yang dilakukan meliputi rasio (total), klep (25/22), angkatan klep (lift) in 8.5 mm dan ex 8.6 mm. Itu lewat durasi kem 275o. “Juga kruk as standar yang lonjong pas buat  mempercapat rpm,” kata Merit.

Khusus posisi klep yang tegak juga memungkin aplikasi diameter lebih besar dari awalnya diameter masuk 24 mm dan buang 21 mm bisa jadi 25/22. Klepnya pakai milik EE bahan titanium (atas) dan bahan metal biasa pada bagian bawah.

Menyoal throttle body (TB) bawaannya yang sudah 32 mm, katanya malah tidak menghilangkan karakter asli F150 Fi. ”Regulasi maksmimal 33 mm jadi lebih murah dan tak perlu susah untuk memodifikasinya. TB saya siapkan dua ukuran 32 mm (asli) dan 32.9 mm,” sebut Merit yang saat test jalan sudah dapat 14.300 rpm (200-250 meter). 

Hitungan rasio memang masih belum bisa dibeberkan, “Tapi bawaan aslinya sudah hampir close. Gigi primer lebih berat tapi rasio lebih ringan,” urainya. Wah, jadi penasaran! Oke, tunggu kabar berikutnya! Ardel

BACA JUGA

All New Suzuki Satria FU 150 FI Diluncurkan; Gumpalan Tenaganya Bro, Harga Di Bawah Rp 22 Juta

Valentino Fino Day, Velentine-nya New Fino 125 Blue Core

All New Honda CBR150R 2016: Mesin, Sasis Dan Bodi Benar-Benar Baru

Aprilia SR 150: Matik Untuk Menggoyang Perkotaan

TVS EnTorq 210 Cc, Big Matic Punya, Boleh Tuh Lawan NMax

 

BAGIKAN