nhk

Ayo Ikut Bikin Drag Bike

ManiakMotor – Promotor saat ni telah hitung-hitungan antara memutar road race, motocross, grasstrack dan drag bike. Jenis trek lurus alias drag bike yang jadi pilihan saat ini. Bayangkan, bisa panen bro…

“Lha iya, biayanya kan lebih murah dari bikin road race. Contoh kecil tempat penyelenggaraan hanya separuh dari balapan lain. Ongkos izin keramaian dan sewa jelas lebih kecil. Motor juga lebih murah dalam perawatan, tapi ke depan regulasi tekniknya harus diatur untuk menjaga harga terjangkau,” analis Rio Teguh, pemilik Angker Sport Heriot Feat Keyspeed Elf SSR Dragbike Team dari Bandung, Jabar.

Lagian, telah berubah drag bike yang sebelumnya hanya mengandalkan pemasukan peserta yang gila-gilaan. Sekarang, sponsor mau ambil bagian walau kecil-kecilan. Ya, sekecil sirkuit yang dibutuhkan drag bike.  “Minggu ini atau 1 -2 September 2012, kami akan bikin lagi di BSD City. Ini kali kedua,” sebut  Oemar Ulama Karim, promotor dari Satria Kalimaya Otomotif Club Tangsel.

Pak Oemar tidak bisa membandingkan dengan balap lain. Pasalnya, dia baru bisa bikin drag. Belum jadi Helmy Sungkar atau A Judiarto, promotor papan atas Indonesia. “Bagi saya ya murah dan efisien bikin drag. Pesertanya melimpah, berarti pasar juga buat sponsor,” tambah Pak Oemar yang tak lain dan tak bukan orang tuanya Dwi Satria pembalap superssports Indonesia.

Coba tanya ke A Judiarto deh, pasti dia mengerti soal hitung-hitungannya. Sebab, setahu portal ini dia ahli kalkulasi. Lha, wong belum dibikin saja sudah bisa dikira sama dia, koq. “Di sisi efisiensi memang drag lebih murah. Tetapi dari sisi jualan, drag masih harus membangun image dibanding road race dan motocross,” jelas Judiarto yang berbendera Lightning Production yang baru saja merampungkan seri Surya 12 Dragbike sebelum puasa.

Apalagi bertanya pada Helsung alias Helmy Sungkar dari Trendy Promomandira (TP). Nah beliau, pasti jelas di atas kertasnya. Makanya minggu depannya lagi  atau 9 September 2012, TP juga bikin di Cibinong, Jabar. Nama eventnya? “Pertamina Day Battle Dragbike. Drag bike sekarang berbeda dengan empat tahun lalu. Walau sponsor kecil, tetapi ada pertumbuhan,” kata Helmy. Wah, baru dari sakit masih bisa jawab euy.

Apa pun alasan para bapak-bapak ini, tujuannya satu, berantas bali alias balap liar dari drag bike yang rame. Jangan sampai dragbike meriah, bali makin semarak. Karenanya, jangan lupa naikkin hadiah dan tampung juga kelas yang kebanyakan dipakai di bali. Ini hanya saran sih. Adit




BERITA TERKAIT:

Dragbike Ramai, Balap Liar Lebih Ramai?

Drag Bike BSD CITY, Dicabik M Chabix

Surya 12 Dragbike Kediri, Ilmu Betot Gas..!

Dragbike Senayan FFA, Chodox Pecahkan Rekor Jadi 6,971 Detik

Modifikasi Ninja Drag Eko Chodox, Piston KDX 66 Mm


 

BAGIKAN