nhk

Menambah Diameter Paking Silinder Bore-Up, Rapi Jali!

 

ManiakMotor – Gasket kepala silinder atau biasa dikenal dengan paking, umumnya dari carbon clad steel, tapi ada juga kertas. Setiap kali dilakukan pembongkaran mesin, mekanik biasanya mengganti komponen ini, terutama yang kertas. Untuk mesin standard alias belum boreup, saat diganti pastinya pakai yang sesuai ukuran. Ya, iyalah…. 

Beda cerita bila motor itu sudah boreup, seperti Yamaha Vega pakai piston Kaze plus liner-nya. Artinya, paking yang dipakai tetap asli punya Vega yang harga Rp 14 ribu itu. “Cuma perlu sedikit modifikasi, terutama pada diameternya.Harus diperbesar sesuai naiknya silinder dan piston. Jangan pakai gunting, kurang rapi,”wanti Suwoyo dari Woyo Motor di Danaraja, Banjarnegara, Jateng yang memang rajin sharing ilmu. 

Woyo coba berbagi tips yang contohnya di Vega, namun bisa digunakan pada semua paking yang macam pelat seng itu. Ini pun khusus bagi brosist yang care dengan hasil yang rapi dan presisi. Yup, yang cuek beibeh alias jorok and semborono, pasti anggap ilmu ini tak ada guna alias eces.  Pueh…!” begitu si semborono setelah membaca tips ini dengan meludah. Apalagi si jorok yang hanya jago menjawab di facebook tapi pegang kunci saja belum fasih alias fals. Itu biasa, belum tentu jago teori, jago pula pegang gerinda. Kalau jago ngetik membantah, pasti!  Wkwkwkwk… becanda brosist. 

Alat yang dipakai pun sederhana dan umum dijumpai di bengkel ya mesin gerinda. “Pakai gerinda umumnya mesin yang bergerak mengikuti obyek. Tapi ini obyek yang bergerak ikuti putaran batu gerinda,” jelas Woyo lagi sambil ‘menggaransi’ hasilnya rapi jali. Ya, karena Woyo memang temannya Pak Jali. Sssssst…

Gampang kan? Ya, memang sederhana kok! Eit, tapi ingat ukuran batu gerindannya di sesuaikan dengan diameter paking ya. “Pakai mata gerinda bekas yang suddah mengecil diameternya. Tinggal ukur lubang yang diperbesar mengikuti diameter silinder,tutup Woyo sambil bilang daaaaa.

Daaaag juga. Ardel

TIPS LAINNYA:

Mesin DOHC Honda CB150R StreetFire Dan Suzuki Satria FU, Sama-Sama Efisien

Reamer (Perbesar Diameter Venturi) Karburator, Tidak Asal Besar..!

Busi Panas Dan Dingin, Silaken Disesuaikan Dengan Iklim

Geser Timming Kem, Tingkatkan Akselerasi, Tanpa Bubut/Gerinda Kem

Ganti Pegas CVT Matik, Beban Berat Dan Akselerasi

BAGIKAN