nhk

Mengendara Irit Honda Vario CBS125 ISS Versi AHM, Maniakmotor.com Juaranya, 76,098/Liter

 

 

ManiakMotor – Huhui… maniakmotor.com, gitu loh. Juara lomba irit yang diadakan Astra Honda Motor (AHM) di kawasan Sunburst CBD, BSD City, Tanggerang Selatan, Banten, 10 April 2013. Acara ini bertitel Fun Riding menggunakan Honda Vario 125 CBS (combi brake system) ISS (idling stop sytem). Walau fun, tapi aromanya kompetisi, bukan cepat-cepatan bawa motor, tapi irit-iritan bahan bakar yang diikuti wartawan cetak dan online yang diundang AHM. Total peserta 18 dengan 18 unit Vario CBS model terbaru itu.

Awak portal ini paling sedikit menggunakan bahan bakar minyak (BBM) pada tangki Vario 125 CBS ISS. Jarak tempuh pada odometer Vario berwarna biru dengan nomor 13 dikebut pelan  maniakmotor.com tercatat 15,6 km. Dia hanya menghabiskan 0,21 liter bahan bakar. Ya, itulah yang teririt.

Karena dari ‘kandang’ maniakmotor.com, si reporter diajari apa itu rpm, apa itu tutup gas, apa itu akselerasi dan apa yang dimaksud mengendara konstan pada kecepatan rata-rata. Itu ilmu yang kami miliki untuk mengiritkan bahan bakar dan dimainkan bersama idling stop system (ISS) pada Vario Techno 125 CBS ISS.

Faktanya, dengan hitungan rata-rata, satu liter bensin awak kami yang tersayang ini – ce’ilehbisa menempuh 76,098 km untuk 1 liter bbm. Sebagai pembanding, posisi terakhir atau ke-18 hanya sanggup 48,254 km/liter. Mungkin dia wartawan balap, kaleee

Format lomba yang disetting seperti berkendara harian di dalam kota, dengan jarak tempuh total sekitar 15 km. Jalur pengujian melewati lalu lintas padat sampai dengan macet dan beberapa perlintasan lampu merah, “Pokoknya dibuat seperti layaknya pengendara sehari-hari, disitu akan teruji fungsi dari ISS. Jadi bukan hanya baca spesifikasi tapi merasakan langsung,” ujar Sarwono Edhi, selaku Senior Analyst AHM.

Terbukti juara kan pak, hehehe. Becanda pak. Adit

BACA JUGA

Idling Stop Sytem (ISS) Honda Vario Techno 125 CBS 2013 PGM-Fi, Prosesnya Halus

Honda Vario Techno 125 CBS Idling Stop System 2013, Jagoannya Biru

Test Ride Yamaha X-Ride, Jarak Main Sokbreker 38.3 mm, Kuncian Di Bebatuan Cadas Merapi

BAGIKAN