Mengubah Dinamika Persaingan Juara Dunia MotoGP 2023! Manajer Aprilia Marah: Sebut Hukuman 3 Grid Maverick Vinales ‘Konyol’

Ilustrasi Vinales sempat mendekati Stewards dan menanyakan apakah harus berhenti atau tidak!

Maniakmotor –  Sebuah kejutan tak terduga terjadi di sesi pemanasan MotoGP Valencia 26 November 2023 ketika Maverick Vinales dari tim Aprilia harus menerima hukuman penalti turun 3 grid alias tempat start.

Yang menarik adalah bagaimana keputusan ini memberikan keuntungan kepada rivalnya, Francesco Bagnaia, yang sedang bersaing ketat dengan Jorge Martin untuk meraih gelar juara dunia MotoGP 2023.

Manajer tim Aprilia, Massimo Rivola, memberikan tanggapannya dalam wawancara eksklusif dengan Simon Crafar menjelang balapan yang juga ditayangkan pada live streaming MotoGP kalau bro menyimak.

“Sangatlah konyol ketika kami mendengar keputusan ini. Kami tahu motornya bermasalah, tapi yang kami sesalkan adalah perilaku yang dilakukan oleh para steward,” ungkap Massimo, mencerminkan keheranan tim Aprilia atas putusan tersebut.

Rekaman sesi pemanasan menunjukkan Vinales sempat hampir berhenti di pinggir lapangan untuk berkonsultasi apakah motornya boleh ditaruh atau tidak. Namun, tindakan selanjutnya dari para steward menjadi sorotan.

“Seperti yang kamu lihat di rekaman warm-up, dia (Vinales) sempat ke pinggir lapangan untuk menanyakan apakah motornya harus ditaruh atau tidak. Tapi sebaliknya, mereka malah suruh Vinales untuk melanjutkan sesinya, dan lalu memberikan hukuman? Itu konyol,” tambah Rivola.

Rivola menyampaikan kebingungannya atas tindakan yang terkesan kontradiktif dari para steward.

“Apakah kamu menyadari apa yang mereka lakukan, adalah untuk memberikan peringatan. Bila seorang pembalap bingung karena mereka juga tidak berkomunikasi dengan jelas antara sesamanya, maka jangan salahkan pembalap yang hanya fokus pada trek. Mereka suruh untuk berhenti tapi mereka juga yang suruh untuk melanjutkan sesi, kan lucu,” tutur Rivola dengan nada keheranan.

“Tapi kami yakin dia akan ada di podium, dan kalau ngomongin strategi, mari kita lihat apa yang akan kami berikan di starting grid. Di sana kami akan memberikan keputusan final kami,” pungkasnya, memberikan sorotan terhadap harapan tim Aprilia untuk balapan mendatang.

Keputusan kontroversial ini semakin memanaskan persaingan di MotoGP Valencia 2023, dengan penggemar dan pembalap menantikan bagaimana Vinales akan mengatasi hukuman tersebut dan bagaimana tim Aprilia akan merespons di lintasan.

Raider