nhk

Menurut Ortunya Rossi, Yamaha Kurang Nakal Pada Aturan Elektronik MotoGP 2018

ManiakMotor – Valentino Rossi sedang lagi bugar-bugarnya, lantaran merawat kesehatan dengan sangat disiplin. Tahun ini atau 2018 dia justru lebih siap dari mental dan fisik. Dia bisa cepat, sayang nggak ditunjang akal-akalan Yamaha. Yamaha harus lebih ‘nakal’ terhadap regulasi.

Maaf… yang bicara bukan portal ini, tapi orang tuanya Rossi sendiri yang bernama Graziano Rossi. Menurut mantan pembalap era 50-an ini, “Yamaha terlalu jujur pada regulasi, terutama elektronik,” sebut Graziano seperti dikutip dari portal berbahasa Italia.

Saking jujurnya pada aturan elektronik, Yamaha ketinggalan selangkah dari Honda dan Ducati, “Honda dan Ducati pernah membawa insinyur elektronik Magneti Marelli untuk memperbaiki elektronik mereka. Dilihat dari aturan itu dilarang, tapi pada aturan lain sah-sah saja. Sayang itu tidak diantisipasi Yamaha,” tambah Graziano.

Seperti diketahui, sudah tahun ketiga ini MotoGP menggunakan elektronik tunggal Magneti Marelli. Bisa saja walau seragam ada rahasia tertentu yang membuat ECU dan elektroniknya lebih yahud. Ya seperti omongan orang tunya Rossi itu. Dan yang tahu seluk beluknya adalah orang dalam.

Keluhan Rossi sekarang kontrol traksi elekronik pada motornya, katanya kurang sebaik Honda dan Ducati. Di situ dia ketinggalan dan lebih banyak traksinya dikendalikan manual. “Kemenangan saat ini dari Yamaha hanya keburuntungan,” pungkas babe-nya The Doctor yang sekalian menyindir Yamaha sudah 18 seri belum juara. Miolo

BACA JUGA

Akhirnya Diumumkan Tim Satelit Yamaha, Teken MOU Dengan Sepang MortoGP 2019-2021

Alex Rins Salah Atur Gir Di Assen, MotoGP Sachsenring 2018 Yakin Menang

BAGIKAN