nhk

Merawat Cat Air Brush, Cat Biasa Juga Monggo

 

 


ManiakMotor – Merawat bodi yang menggunakan sistem cat air-brush, perlu kesabaran,  ketelitian dan konsisten, agar cat tetap kinclong dan menawan. “Sebenarnya sama juga dengan merawat cat standar motor supaya terus segar,” tutur Firmansyah alias Mantut dari Artsweet Brush Custom yang sehari-harinya berurusan dengan beras, eh air brush..

Perawatan poles (salon) yang dilakukan oleh pemilik motor dengan cat dari pabriknya, minimum 3 bulan sekali. Tapi untuk air brush harus lebih rutin dan ada obat khusunya yang dilakukan dua minggu sekali dengan compound putih yang kimianya rendah. Beda dengan compound buat cat dasar.

Apalagi yang memakai warna flourescent atau seperti corak stabilo. Bila terlalu lama disengat matahari dan lama juga tak dipoles, cat lama-lama pudar dan kusam.  “Cara poles ini agar pori-pori warnanya tetap terjaga,” tambah Mantut yang beralamat di Jl. Kebagusan Raya, Jakarta Selatan.

Untuk cuci berkala ia menyarankan menggunakan air netral dan shampo khusus cuci. Ingat jangan gunakan bubuk pencuci pakaian, apalagi sabun colek pada bodi. Nah yang ini bukan hanya air brush, cat biasa pun dilarang, karena kimianya tinggi. Habis itu tinggal dilanjutkan dengan sanpoly atau bahan polesan lain seperti Kit dan Turtle Wax.

Jika terkena air hujan, sebaiknya segera dicuci air netral dan bersih. Jangan ditunggu sehari, apalagi lebih. Bila tidak, unsur asam hujan yang tinggi akan membuat cat jadi kusam dan redup. “Biasanya juga habis hujan kotoran berupa kerikil-kerikil halus akan menempel, ini juga yang bikin permukaan cata lecet, pada cat biasa juga begitu,” kiat Mantut.

Meski menggunakan cat merek ternama seperti Duppon, Sikken, dan Sples Hecker, jika perawatannya gak teratur tetap saja warna akan tetap luntur. Namun bila teratur menurut Mantut cat bisa tahan sampai 3 tahun dan lebih kinclongnya. Ghal

TIPS LAINNYA:

Tips Huss, Usir Geresan Pada Cat

Cuci Motor Sendiri, Cat Dan Anda Sehat

Reamer Karbu Standar Jupiter Z

Papas Rocker-Arm (Imitasi), Agar Layak Untuk Semua Motor

Korekan Kepala Silinder Drag Dan Road Race, Untuk Harian Road Race Pas

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353