Mesin Lexi 155 2024: Lebih Unggul?

Maniakmotor.com – Yamaha telah menghadirkan inovasi terbaru melalui peluncuran mesin Blue Core 155cc pada Yamaha LEXi LX 155, membawa performa berkendara ke tingkat yang lebih tinggi. Mesin generasi terbaru ini menawarkan peningkatan signifikan dalam hal tenaga dan efisiensi, yang dapat dirasakan oleh para pengendara di jalan.

Dibandingkan dengan generasi sebelumnya yang hanya memiliki mesin 125cc, Yamaha LEXi LX 155 hadir dengan kapasitas mesin yang lebih besar, yaitu 155cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 11,3 kW pada 8.000 rpm dan torsi maksimum 14,2 Nm pada 6.500 rpm, memberikan pengalaman berkendara yang lebih bertenaga dan responsif.

Dalam acara MAXi Flash Trip yang diadakan di Kota Bandung, Yamaha memberikan kesempatan kepada awak media untuk lebih memahami mesin generasi terbaru ini. Ferry Nurul Fajar dari PT Yamaha Indonesia Motor Mfg menjelaskan bahwa mesin Blue Core 155cc telah mengalami berbagai perubahan, termasuk pada desain camshaft, piston, head, jalur oli, dan bagian lainnya. Perubahan ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi mekanis, mengurangi gesekan dan vibrasi, sehingga meningkatkan akselerasi dan performa keseluruhan motor.

Salah satu perubahan yang mencolok adalah pada bagian body cylinder dan forged piston. Peningkatan kubikasi mesin memungkinkan perubahan ukuran diameter menjadi lebih besar, serta dinding cylinder yang lebih halus untuk mengurangi gesekan dan kerugian oli. Selain itu, head cylinder juga mengalami perubahan untuk meningkatkan kompresi rasio.

Tidak hanya pada bagian luar mesin, Yamaha juga melakukan inovasi pada komponen internal seperti crankshaft dan rotor assy. Dengan ukuran yang lebih pendek dan berat yang lebih ringan, komponen ini memberikan dampak positif pada akselerasi motor.

Bagian camshaft juga mengalami pembaruan dengan penggabungan pin dowel menjadi satu kesatuan dengan camshaft, meningkatkan kekakuan dan mengurangi gesekan. Perubahan lain yang signifikan terjadi pada bagian tensioner, memberikan stabilitas dan performa yang lebih baik pada mesin Blue Core 155cc.

Dengan semua peningkatan ini, Yamaha LEXi LX 155 menawarkan pengalaman berkendara yang lebih baik dan lebih menyenangkan bagi para penggunanya. Mesin generasi terbaru ini tidak hanya meningkatkan performa, tetapi juga menunjukkan komitmen Yamaha dalam terus berinovasi untuk memberikan yang terbaik kepada konsumen.