nhk

Mesin Moge Kawasaki Pakai Supercharger, Wow… Seyem..!

 

ManiakMotor – Kawasaki di Tokyo Motor Show sedang memajang mesin konsep supercharger. Mungkin inilah motor pertama yang menggunakan turbin untuk produksi massal. Kan bila sudah konsep, artinya ke depan tinggal diproduksi. Katanya akan ditanam pada produk Kawasaki berkapasitas 1000 sampai 1400 cc.

Tinggal dikali dua saja tuh ampuhnya mesin bila memakai supercharger. Seperti dilansir MCN dalam siaran pers Kawasaki, bahwa Kawasaki Heavy Industries Ltd memiliki sejarah mengembangkan teknologi mesin turbin. Mereka bisa mengatasi panas berlebihan dan getaran mesin khas supercharger pada kecepatan tinggi bila digunakan di roda dua. 

Supercharger selama ini hanya dikenal di mobil. Fungsinya melipat gandakan udara yang pasti akan diikuti bahan bakar ke ruang bakar. Samalah dengan turbo atau turbin lias supercharger. Dengan alat ini terjadi efsiensi pembakaran. Tekanan berulang-ulang yang meminjam dan dibantu embusan gas buang akan ditiup atau diturbin ulang ke ruang bakar. Kompresi pun meningkat gila-gilaan.

Supercharger sendiri dibantu kompresor yang meminjam putaran kruk-as untuk memasok udara ke intake manifold.  Itu tadi, ia masih didukung gas buang dari header kenalpot yang diolah oleh turbin atau kipas. Tapi kalau dipikir-pikir, Kawasaki hanya berupa motor dengan roda duanya, sulit dibayangkan kekuatannya menggunakan supercharger ini. Kalau mobil sih pakai empat roda, pasti lebih aman ketika turbonya aktif.

Di motor apalagi ada yang iseng diberi NOS, waw seyem… Ito

BACA JUGA

Yamaha R25; Prediksi Aksesori/Asesori Yang Booming

Suzuki Raider 115Fi, Masih Mesin Tiduran SOHC, Bukan Seperti FU150 DOCH Yang Tegak..!

Yamaha R25; Mesin DOHC, Busi Di Tengah, Terobosan Yamaha Indonesia

Launching Moge Yamaha 2014; Lengkap Dengan Harga, Tapi Bukan Harga Yamaha R25, Bro

 

 

BAGIKAN