nhk

Modif Suzuki GT550 (1972), Aslinya Cafe Racer Amerika

 

ManiakMotor – Masih ingat Suzuki GT185 dan GT350 yang diproduksi Indo Hero atau sekarang disebut PT Suzuki Indomobil Internasional. Yang menungganginya luar biasa gaya pada pertengahan  70-an. Mesin twin dua silinder 2-tak  yang stereo adalah lambang anak muda gaul saat itu. Rambut gondrong dan celana panjang lebar di bawah. Koesplus bangat, cui.   

Nah bagi yang masih punya, ayo dibangun ulang gaya cafe racer seperti Suzuki GT550J dari Amerika ini.    Walau kapasitas beda, turunan GT nyaris sama bentuk dan dimensinya. Sah saja, menirunya, tidak dilarang, asal ada dana dan waktu.

Dilihat dari gambarnya tinggal mesin GT550 yang dipakai. Kapasitas 550 cc mengunakan tiga silinder 2-tak. Penampilan mesin pun sudah dipermak terutama dengan kenalpot two stroke masa kini. Sirip-sirip silindernyanya paduan krom-hitam dan saringan udara model kompetisi.

Sayang, MCN yang memuatnya tidak menerangkan dengan detil penggunaan komponen midifikasi. Banyak yang dirombak. Misalnya suspensi depan up-side down, monosok, rem cakram, pelek palang dan sebagainya yang dirakit sangat rapi. Amerika, bro, membangunnya pakai dolar.   

Nama pemodifnya Pat Jones yang mengaku sangat sulit memburu barang-barang yang cocok untuk disatukan jadi cafe racer. “Butuh perjuangan seperti mencari jarum dalam lapangan untuk membangun seperti sekarang. Bayangkan, mesin 2 langkah dan pendingin udara,” katanya sambil ngos-ngosan pada MCN. Tenang bro, minum air putih dulu.

Suzuki GT550 diproduksi pada 1972 dan yang masuk ke Indonesia umumnya kapasitas di bawahnya. Ito

MODIF LAIN:
Modifikasi Yamaha TZR250, Retro Jepang Pak…
Modifikasi Kawasaki Ninja 250, Berpikir Terbalik-Balik
Modifikasi Ninja 250RR, Kocok Perut From Denny Cagur
Pelantun Aishiteru Memodif CBR250
Modifikasi Yamaha Jupiter MX (Pontianak ), Robot Kaki Tunggal

BAGIKAN