nhk

Modifikasi 2014; Buka-Bukaan Honda CBR1000, Saat Dibedah Memang Moge..!


 

ManiakMotor – Basis motor sudah padat merayap dengan mesin gambot dan fitur-fiturnya. Mantap untuk dimodifikasi yang konsepnya Café Racer. Entah ini café racer modern atau jadul, yang  jelas ini moge alias motor gede yang dibikin apa saja sudah gede. Aslinya Honda CBR 1000, tapi  rangkanya dibuat ulang dengan petukangan custom.

Tak ada fairing atau pun bodi plastic seperti aslinya, semuanya dibuka yang jadinya jadi buka-bukaan. Direhab menggunakan pipa besi dan pelat. Main frame atau rangka utama pakai pipa seamless ¾ inci kombinasi ½ inci. “Karena menggendong bobot mesin empat silinder, otomatis pengerjaan rangka harus terukur semua. Rangkanya knock down, agar mesin mudah dipasang,” kata Ariawan Wijaya, owner rumah modifikasi Baru Motor Sport (BMS) di Palmerah, Jakarta Barat.

Sub frame yang memangdi belakang sama saja, menggunakan pipa yang podo yang tebalnya 3 mm dan memang khsusus untuk rangka. Kuat menahan bobot sang pemilik. Pokoknya rangka dikonstruksi sesuai konsep cafe racer. Namanya juga modifikasi, bro. Rangka-rangka itu bukan sekadar tulang motor, juga bagian dari penampilan, lantaran seperti teralis atau tubular, perhatikan fotonya.

Lengan ayun dari pipa sameless 1 inci. Selain kekuatan, juga kosisten pipa bulat yang akhirnya harmonis. “Sengaja dibuat pipa ganda lengan ayunnya, terkesan gagah dan mendukung ban besar,” jelas Ari dengan santai seperti tak bersalah mengiris-ngiris moge yang aduhai harganya tersebut.

Jarak antara sisi kanan kiri roda belakang adalah 40 cm. Itu cukup untuk pelek belakang 6.0 x 17 yang ‘super lebar’ masuk pada tempatnya, cocok dengan bentuk tubuh CBR yang besar. As dan bos arm semuanya custom, karena memang seluruh rangkanya custom ala BMS. Lengan ini diredam sokbreker ganda sesuai konsep cafe racer yang patennya pakai sokbreker stereo, klasik geeetu loh.

Tak hanya itu, segitiga depan dibuat dengan plat tebal 3 cm. Konstruksinya dibuat agak lebar menjadi 27 cm agar pelek depan 3.5 x 17 dapat menyusup. Dari rangka aslinya yang di bawa hanya sepaket mesin dan perangkat elektroniknya. Pemasangan knalpot juga dibuat undertail yang di bawah jok. Pemanisnya asesoris bersekelas macam Rizoma.

Bahan tangki plat galvanis 0,8 mm. Selain itu, pendukung lainnya ada pada buntut tawon yang juga bahannya sama. Soal tekuk mentekuk ini, BMS mengorder pada ahlinya, bukan dikerjakan sendiri, ya bengkel partnerlah. Ghalib

BACA JUGA

Modifikasi Motor Kawasaki Ninja 250 FI 2012 (Jogja); Asli Pesolek Simbol Eksistensi!

Modifikasi Motor; Yamaha RX King (Jogja), Pakai Air Suspension Layak Jalan!

Modifikasi Honda Tiger 2014; Bikin Rangka Super Dirt Bike

Modifikasi Jupiter Z (Solo); Juara MotoPrix Jawa, Kompresi Nyambung Dengan Giboks!

 

Spesifikasi :
Motor: Cbr1000 cafe racer flying bullet
Sokbreker depan: Up-sider down Ohlins Aprillia RSV4 
Rem; Kalper Brembo M4Mmonoblok
Velg depan
;  PVM 3.5×17
Pelek belakang; PVM 6.0×17
Ban depan
; Pirreli Angel ST 12070-17
Ban belakang
; Pirelli Angel ST 19050-17
Rantai roda; DID Racing Sseries
Rear set
; XRace
Brake fluid
front; Rizoma Next
Brake fluid rear
: Rizoma
Gas
spontan; Cap Rizoma
Knalpot; Custom Yoshimura R77 carbon

Custom part:
Swingarm; Custom
Frame teralis
; Custom
Segitiga sokbreker; Custom
Custom gas tank
Custom front spakbore
Custom rear frame
Custom body

Aalat BMS

Jl. Palmerah Barat, No 25, Jakarta Barat

Telepon; 021-92925551/081915113717

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353