nhk

Modifikasi Bajaj Pulsar DTSi (Jakarta), Monosok di Samping

 

ManiakMotor – Tipe rangka Bajaj Pulsar 180 cc (2010) itu double cradle. Rangkanya bulat dan yang menuju mesin ada dua batang (ganda). Biasanya model rangka begini untuk turing. Bila dibikin sport, butuh permak konstruksi sanasini. Harus ditangani modifikator pengalaman yang konseptor. Sebab frame akan kebanyakan dichop, tapi bukan chopper brosist.  Istilah cop kan dipotong. Pan, sama dengan cop pale lu. Nah itu sih ABCD bro. ABRI Bukan Cepak Doang…

Pokoknya jadi Ducati menyerupai Bajaj, walau barusan diumumkan Kawasaki dan Bajaj akan bikin motor bersama. Ya mirip dan mungkin hasilnya akan seperti ini. “Dua pipa yang selonjor ke belakang atau sub frame harus diamputasi dan dibangun ulang.  Tujuannya membuatkan ruang untuk monosok,” bilang Wardoyo, pemodif  yang punya konsep dimaksud. Wardoyo dari Gandul 2Wheel Custom (G2C) di Gandul, Cinere, Depok.

Motor India ini bila ada musik dangdut ikut bergoyang, kan dari India. Yah, semua tahu itu. Dia dual shock alias sokbreker belakang ganda, juga tahu. Sekarang  dipasangi monosok Yamaha Jupiter MX, nah kalau ini ngin tahu caranya kan?  Caranya, diameter sub frame tadi diganti lebih besar 3 ¼ inci. Pipa ini jaminan kekuatan pegangan monosok bagian atas.

Itu namanya dipikir matang-matang lewat konsep, sebelum membentuk pipa. Maksudnya pipa sekarang modelnya seperti tanda tanya (?). Sebelumnya modelnya V. Maklun, posisi monosok ada di samping, mirip monosok Kawasaki ER6. Itu pula yang dimaksud Wardoyo menciptakan ruang untuk sokbreker tadi. Ingat, hanya sebalah kanan. Lho? Ya kan, mestinya produsen Bajaj mengajak Wardoyo untuk memperbaiki mutu motor mereka. Kan diberitakan sebelumnya, Bajaj malah mengajak Kawasaki, mereka lupa dengan nama Wardoyo asli Indonesia yang bisa bikin motor, hehehe.

Lengan ayun standar dibungkus pelat yang disebut kondom. Sengaja, agar lengannya nggak hamil dan beranak. Sssttt, ngaco kamu! Kondom ini mirip lengan R6 yang moge. Untuk pemasangan ban 180/55-17 yang otomatis peleknya juga lebar, otomatis lengan ayun juga dibentuk melebar. “Sewaktu-waktu lengan bisa dikembalikan standar dengan mudah,” cerita Wardoyo.

Sayang, seharusnya custom monoshock pinggir ini model naked, agar tembus pandang.  Ah ndakpapa, ini ilmu dan boleh ditiru, ya sekalian dishare link pada fecebook. Tangki handmade by G2C itu ada fungsinya. Fungsinya buat menampung bahan bakar, hehehe. Bahan tangki dari pelat 0,8 mm tapi ada cekukan ala sport bike di samping kiri-kanan tangki. Fungsi coakan ini untuk tatakan paha, sekaligus menjepit saat motor melaju. Di motor sport, kendali keseimbangan juga ada pada bagian ini.

Itu masih satu jurus dengan deltabox gaya tipu-tipu, maksudnya kondom. Dengkul tidak bakal mentok dan hasilnya mendapatkan posisi duduk ideal. Ada fungsi nyamannya dipakai pemilik yang bernama Andi Sawai. Lha kan memang begitu tujuan modifikasi bodi, apalagi untuk keperluan harian, dipakai enak, sedap dipandang, dilirik oke sajalah.

Kondom ini dibikin dari bahan fiber, tapi kelihatannya macam aluminium benaran yang padat.  Karena pakai teknik cat kulit jeruk, sama dengan warna pada arm. Itu sama dengan bodi yang katanya hasil dari mengarang bebas. Tidak terpatok pada konsep motor gede (moge). Digabung dengan cutting sticker khas Ducati Valentino Rossi tahun lalu. Puas dengan biaya modif Rp 20 Juta. Namun, sepertinya ingin menghilangkan rasa Bajaj.

Salah beli motor?  Adib

MOFIKASI LAINNYA

Modifikasi D-Tracker (Semarang), Swing Arm DR, Kenalpot FMF

Modifikasi Honda Ruckus, Pakai Mesin Kymco

Modifikasi Kawasaki Ninja 250 (Jakarta), Ninja Komputer

Modifikasi Suzuki Inazuma (Tasikmalaya), Lihat Kakinya Dong, Gabungan Turing Street Fighter

Modifikasi Yamaha Scorpio (Jakarta), Retro Kawasaki W400

 

 

Data Modifikasi 
Ban depan: Battlax 120/70-17
Ban belakang: Battlax 180/55-17
Pelek: 3.50 dan 4.50 inch
Footstep depan: Yoshimura
Footstep belakang: Jupiter MX
Lampu depan: Kawasaki Ninja RR Custom
Lampu sein: Variasi Ninja
Lampu belakang: Variasi Ninja
Tangki: Handmade G2C
Disc depan: Variasi
Setang: Variasi Clip on
Master rem belakang: Nissin
Bodi: Fiber G2C
Spion: Kawasaki Ninja RR
G2C: Jl. Gandul Krukut Ambara, Cinere, Depok
Telp: 021-46427753 / 08161654161 / pin bb 304e7545

BAGIKAN