nhk

Modifikasi Bajaj Pulsar: Sport Turing Yang Gagah

ManiakMotor – Bahan modifikasinya sih motor yang tak terlalu punya nama. Dulu sempat berkibar motor India macam Bajai Pulsar. Apa pun itu, setelah dimodifikasi, waw lebih-lebih dari semua pabrik yang pernah ada di dunia, hehe. Orang Indonesia memang bisa bikin motor, walau pun hanya lewat modifikasi.

Fakta Pulsar ini dibikin  gagah dan garang sabaga motor turing. Konsep sedikit mengadopsi penampilan Ducati Multistrada 1200. “Namanya konsep memang saling curi desain. Jangankan pemodifikasi, principal satu sama lain punya kemiripan,” jelas Rudi Gunawan, builder sekaligus owner dari rumah modifikasi Berkat Motor (BM) yang bermarkas di Jl. Ciledug Raya, Tanggerang.

Bukan disebut moge-mogean sih, tapi bodi Pulsar yang 200 cc itu porposional dengan kapasitas mesinnya. Lihat saja serat kaca alias fiber glass yang digunakan. Pemakaiannya tidak dihambur-hamburkan. Tetap terukur sesuai dimensi lebar dan panjang Pulsar. Jadinya enak dilihat.

Ala bisa karena biasa lama-lama jadi professional. Karena kerjaannya saban hari merancang fiber glass, bodinya juga halus dari sisi luar dan dalam. Biasa luarnya saja yang mulus bro. “Karena fairing masih menggunakan aslinya. Penguran dimensinya dari situ, jadi kedodoran. Lagian ciri Pulsarnya nggak hilang,” tambah Rudi.

Bagian tengah motor seperti tangki, dipasangkan pula milik Kawasaki ZX-6. Katanya tangki  pas dengan tekstur delta boxyang pura-pura model Aprilia. Sehingga bagian tengah lebih berisi dan padat. Tapi itu tadi, sengaja nggak dibikin besar agar tak melewati penampilan fairing.

Kaki-kaki pakai lengan ayun Kawasaki ZX-6 untuk menompang monosok milik Ninja 250. “Pemasangan Arm ZX-6 pada Pulsar rada ribet. Perlu dibubut untuk masuk ke sasis. Sedangkan untuk mono sock Ninjanya harus buat dudukan atas dan unitrack bawah dengan pelat ukuran 4mm,” ujar Rudi menerangkan proses pengerjaanya.

Yang terakhir untuk memperkental kesan touring alias turing, dipasangkan pula dengan side box GIVI. Konstruksi braket penyanggah box perlu pengelasan dan memaionkan dempul area rapiPrat

BACA JUGA

Modifikasi HD Dyna Keanu Reeves, The Matrix dari Logam Machined

Modifikasi Harley Davidson Sporter 883 R Konsep Cafe Racer, Tampilan Apik Paduan Retro Modern

Modifikasi Satria FU 200 Drag Bike Pele: Kontroversi 7.1 Detik, Finishing Touch, Komponen Kawahara!

Yamaha Aerox 125 LC, Versi Modifikasi Bakal Jadi Trend Racing Look di Indonesia!

Modifikasi Kawak Ninja 150 TU Drag Bike: 7.0 Detik Di Banjarnegara, Power Kuat Gigi-1 Yang Panjang!

 

  

 

 

 

Data Modifikasi :

Motor: Bajai Pulsar

Pemilik: Yudi Priadi

Konsep : Sport Touring

Bengkel: Berkat Motor (BM)

Builder: Rudi Gunawan

Rangka: Standar

Bodi: Fiberglass 3mm (Ekor GSX600)

Head lamp: Ori

Tail Lamp: Ori

Speedometer: Ori

Deltabox: Aprilia

Tangki: ZX-6

Setang: Ori

Swingarm: ZX 6

Sock Belakang: Ninja 250 (Unitrax)

Sock Depan: 41 mm Bandit 600

Velg: GSX 400 Depan 3,5 inc / Belakang 4,5 inc

Ban: Battlax Depan 120/70 / Belakang 150/70

 

 

 

BAGIKAN