nhk

Modifikasi: Basis Mesin Dan Sebagian Rangka Jupiter Z Dibonsai Dari Rumah Riset RCB

ManiakMotor – Mesin motor ini Jupiter Z keluaran 2005. Rangka juga sebagian masih menggunakan Jupiter Z. Lalu dibonsai dan dibentuk seperti foto dengan berbagai anatomi gabungan copot sana dan sini.

Karya ini muncul dari R&D PT Enwan Multi Partindo yang menjual knalpot Proliner, RCB dan UMA Racing, “Rangka Jupiter Z yang digunakan depan saja, terutama komstir. Dirangkai dengan triple clam atau segitiga buatan sendiri dari pelat 12 mm dengan lebar 190 mm. Sokbreker depan Jupiter Z yang as-nya dipotong 7 cm,” sebut Robby Ganie, kepala suku rumah riset yang berada di Cikupa, Tengerang, Banten tersebut.

Sub frame custom alias bikinan sendiri dari pipa stainless. Pipa ini berdiameter 26 mm dengan ketebalan  2 mm. Ukuran sub frame disesuaikan dgn anatomi motor yg menjadi kontet. Langsung menggunakan lengan ayun atau swing arm Kaze yang dipotong 90 mm.

Tangki bahan bakar dan sepakbor dibeli jadi. Boks udara untuk pernapasan mesin diambil dari tangki bbm mesin potong rumput. Bagian ini juga berfungsi sebagai penutup ruang kosong di bawah tangki bahan bakar. Jadi kelihatan padat, gito loh.Box Penutup aki pakai C70 yang dipasang terbalik.

Lampu depan after market yang biasanya untuk lampu belakang Honda C70. Lampu ini dipegang oleh braket racikin sendiri dari stainless yang dipotong dengan laser cutting. Mantap kan. “Speedometer dari KOSO tipe XR-SRN yang digital. Sedang part RCB yg dipakai adalah pijakan kaki R15, master rem E2 dan kopling hidraulik,” tambah Robie pada motor yang mesinnya pakai karbu UMA 28 mm dgn CDI UMA tipe IMC digital yang bisa dimapping pengapiannya.

Velg ori Nmax.uk lebar 3.00 depan dan belakang 3.50 dengan diameter 13. Ban IRC Zeneos yang depan 110/70-13 dan belakang 120 /70-13. Tapi velg belakang harus dimodifikasi untuk penempatan laher dan hub gir yang 42 mata.

Wheel base motor ini jadi 102 cm. Menggunakan cat yang diproses EDP ( Elektonik Disposision Painting). Cat ini di awam dikenal cat celup. Kelebihan EDP ini catnya tahan panas sampe 140*C dan tahan gores. Warna sesuai dokumen Jupiter Z keluaran 2005 yang Candy Bblue. Beberapa striping nyontek Yamaha DT Enduro.

Motor ini dikerjakan sekitar dua bulan dengan biaiaya sekitar Rp 20 juta. MM .

BAGIKAN