nhk

Modifikasi CB650 Police 1980 (Jogja). Wrenchmonkees Rasa Gudeg

ManiakMotor – Wrenchmonkees adalah rumah modifikasi dari Denmark yang terkenal karya-karyanya. Macam ini CB 650 yang inspirasinya dari Wrenchmonkees. Tapi yang ini  rasa gudeg, karena dipermak ala Jogja dengan aksi potong sasis standar pada buritan. Hasilnya gabungan caféracer, japstyle dan bobber. Waduh, gado-gado dong, bukan gudeg, Mas…

Ndak papa, karena modifikasi Honda CB650 buatan 1980 ini hanya kiriman lewat fan page maniakmotor.com. Pemiliknya menitipkan pada inbox, ya tadinya hanya iseng. Tetapi lihat saja fotonya, klasik yang sudah moderen,  telah dicustom alias direhab. “Ini motor bekas polisi yang dulu buat patroli itu loh,” jelas si pemilik yang tidak mau disebut namanya.

Yang jelas, buildernya  Mas Agung dari bengkel Tedjo Klasyk Kustom (tulisannya memang begini bro). Ini rumah modifikasi spesialis restorasi motor tua di Jogjakarta. Mas Agung ini segera mempreteli spareparts standar, tapi pemilik berubah pikiran. Di tengah jalan yang bukan berarti jalan-jalan antara  Jogja-Jakarta, modifikasi diubah jadi aliran Wrenchmonkees rasa gudeg, tapi hasilnya gado-gado tadi. Bila di Sulawesi Utara disebut bibir, eh, bubur Manado.

Referensi desain pun dikirim pemilik ke Mas Agung dan hanya diberi waktu 3 bulan. Eces…! Andai Mas Agung dalam tingkat kanuragan, beliau sudah empu. Ya, setara Ken Arok yang pandai keris. Dengan material frame standar, hanya buritan belakang digerinda, Tangki asli masih dipergunakan namun diredesain pada beberapa bagian yang malah seperti japstyle.

Sementara tutup aki samping dicustom dengan ukiran 80. Itu menandakan tahun lahirnya CB650 yang di zamannya ngetop pakai sirene. Sekadar catatan, Mas Agung bukan dengan tangan kosong, tapi pakai pertukangan modifikasi yang manual teknologi. Maklum, bukan di Denmark asalnya Wrenchmonkees.

Opsi setang caferacer pun ditolak pemilik. Alasannya demi kenyamanan, karena sudah toku. Hanya jok yang menyerupai caferacer 70-an. Teromol dpan dari Honda CB 750 K1, dan tromol belakang Kawasaki Meguro 1956. Pelek jari-jari pun dipilih menggantikan bawaan CB650. Katanya sih biar montok bin poco-poco pakai ban Swallow depan 18-110/80 dan belakang 17-160/60. Ini mendekati  bobber. (KA)

MODIFIKAI LAINNYA

Modifikasi Yamaha Vixion, Chopper Jarang Di Darat

Modifikasi Honda GL 100, Mini Chopper Titisan Empu Kediri

Modifikasi Honda New Megapro (Banjarnegara), The Real Street Fighter

Modifikasi Honda New Megapro 2011, Modif Aliran Sehat

Modifikasi Honda CBR250, Olinya Macan…!

 

 

Data Modifikasi;

Speedometer               : Koso digital

Spion                           : Polaris

Empat Filter Udara     : TDR

Kenalpot                     : Custom

BAGIKAN