nhk

Modifikasi Electric Scooter Drive Train: Isinya Pakai Setrum Bukan Bensin

 

Maniak Motor – Sepeda motor dengan energi listrik. Selain kurangi polusi, juga antisipasi menipisnya minyak posil. Itu yang ditawarkan ITS (Institut Teknologi Sepuluh November) di IIMS Jiexpo Kemayoran, Jakarta. ITS sampai ke IIMS lantaran isponsori GARASINDO.

Disebut electric scooter drive train. Energi utamanya dari setrum yang dihasilkan baterai. Beterai ini bisa menghasilkan listrik sebesar 2kwh. Pengisian ulangnya hanya butuh 90 menit sampai full.  Kalau dihitung 2 kwh itu bisa mencapai 80 km jarak  tempuh perjalanan.

Komponen selanjutnya yaitu axial, jika kumparan listrik dialirkan maka akan menjadikan medan magnet yang menghasilkan 7km/kw yang ditambah controller. Istilah umumnya dinamo.  Dinamo akan menghasilkan torsi yang hitungannya ampere. Matic ini bila disetarakan menghasilkan torsi 10 Nm. Wah asyik juga akselerasinya.

Oh iya hampir semua komponen listrik seperti axial,  controller, resistor, panel sirkuitnya dan sebagainya adalah buatan sendiri. Ya karya anak bangsa. Jadi dapat dikatakan cuma baterai yang masih import.

Meracik satu matic membutuhkan waktu sekitar 5 bulan/unit. Namanya juga buatan tangan, belum ada robit untuk merakitnya. “Inspirasi dari motor ini soal ramah lingkungan dan menipisnya minya bumi. Soal irit jauh bangat. Bisa dihitung dari jangkauan kilometernya dengan rupiah yang mesti dikeluarkan. Ada sih penawaran akan diproduksi massal 2018. Selanjutnya tunggu saja kabarnya,”  kata Agus Muhklisin, selaku  GM Manager ITS SCR Team  di IIMS.

Memang sih motor yang ditampilkan baru 50% . Tapi kalau dilihat dengan sokbreker Ohlins di suspensi belakang, jadi mahal harga jualnya. Atau memang sudah bekerja dengan Ohlins Indonesia agar bisa mengalahkan semua matik produk Jepang kenyamanannya. Ohlins gitu loh. Itu sokbreker seumur hidup digunakan, karena kalau rusak bisa diservis. GD

BACA JUGA

Modifikasi Yamaha YZF-R25: Tidak Sekadar Livery Movistar M1 Rossi

Modifikasi Mio Liaran: Julukannya ‘Juragan’ Di 500 Meter, Jago Kelas 58 Klep Bebas

Modifikasi Suzuki Inazuma 250: Menghabisi Rangka Dengan Konsep Muscled

Modifikasi Kawasaki Ninja 150R Thailook Style: Tunggangan Keren Harian

Modifikasi Ninja 150 2T Frame Standar; 7,4 Detik Ruang Bakar Parabola

BAGIKAN