nhk

Modifikasi FU-150 Fi Harian: 9 Detik 201 Meter, Top Speed 178 Km/Jam, ECU Juken 5

ManiakMotor – Pakai piston Moto1 yang diameternya 68mm. Lalu korek-korek head untuk harian. Diberi manajemen elektronik Juken 5, ini Suzuki FU 150Fi bisa 9 detik di jarak 201 meter. Ingat ini motor harian loh.

Piston Moto1 memilki pin 15 mm dengan off-set 1mm, makanya setelah bore-up wajib in-reyen 500 km sebelum mesinnya dimaping di meja dyno. “Pistonnya ditunggu ‘duduk’ dulu. Nggak bisa langsung tancap,” papar Mas Swega dari RAT Motor di Sidoarjo, Jawa Timur yang tumben-tumbennya ngirim artikel lagi ke portal ini. Dia kangen kalee…

Port in dibikin kasar dan out alias ex lebih halus

Padahal motor ini punya cowok yang panggilannya Gundam alias Marcell. Dia hobi kolektor barbie, kayak cewek, hehe. Tapi soal motor, nggak mau loyo. Marcell ini masih bengkel RAT Motorsport.  Dia mau juga dirombak mesin FU-150 Fi-nya.

Dari piston tadi, mesin berkapasitas 177cc. Namun, kepala silinder ditata ulang. Sehingga ketemu kompresi 13.1:1, maka wajib pakai bahan bakar Pertamax Turbo. Kalau bahan bakar oktan biasa, motornya akan knocking alias detonasi.

Porting dilebarkan 2mm dan dinaikkan 1mm. Sengaja dinding porting in alias masuk dibuat kasar sekali oleh Mas Aziz. Mas Aziz asal Lumajang, Jatim ini asistennya Swega. Dengan porting arus masuk kasar, terjadi turbelensi gas. Sebaliknya yang porting out diampelas dengan kertas ampelas yang halus.

Klep standar ditipisin alias di-back cut supaya flow makin menjadi. Klep ini diperintah noken-as yang disubtitusi alias diganti dengan GSX. Lalu celah klep dibuat menyilang 15/20. Hasilnya, nanti diceritakan hehe.

Piston Moto1 dan velocity

Cuma itu korek-koreknya, karena memang untuk harian. Tetapi, penyesuaian komposisi bahan bakar dan pengapian alias elektronik pakai otak ECU Juken 5 Turbo. Juken ini diup map fuel hingga 10 milisecond. Pengapian dipacu hingga 38 derajat sebelum TMA. Limiter engine tetap sesuai standar, ya 13.000 rpm supaya aman.

Throtle body dibantu alat pemfokus udara yang disebut velocity stack. Teryata alat ini bisa naikan 1 dk di putaran atas. Knalpot pesanan khusus ke alienbie menjadikan fu injeksi ini super bertenaga, 31 daya kuda dengan torsi puncak 21 Nm. Kalau stadart 17dk dengan torsi 14 Nm. Diujicoba di lintasan drag, terbaik masih di 9.3 detik. Sedang untuk 1000 meter sudah lolos, mesinnya aman, nggak bakal rontok dengan top speed 178 km/jam degan 14/41.  Swega
DATA LAIN
– Bore-up 68mm Piston Moto1
– Kompresi 13:1 Pertamax Turbo
– Diameter klep 24/21 standar back cut 
– Head diratakan 0.20mm
– Porting in kasar dan ex amplas halus
– Kem GSX dengan setel shim silang 15/20
– TB Std + velocity pendek
– Knalpot custom RAT feat Aienbie
– ECU BRT Juken 5 Turbo Remap
– pengapian tertinggi 38 derajat
– base map 10 ms
– injektor gsx
– dyno power 31/ torque 21

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353