nhk

Modifikasi Harley Davidson FXR 1991 (Jakarta), Harley Davisdson And The Marlboro Man

 

ManiakMotor – Amrik bangat.  Dua jagoan yang beda aliran. Satunya pandai melayangkan tinju dan teman satunya cekatan membidik dengan pestol. Itulah film Harley Davidson And The Marlboro Man (HDATMM), produksi MGM Grand 1991. Dua jagoan itu sesuai nama filmnya mengendarai Harley Davidson (HD) FXR produksi tahun yang sama dengan film tersebut.

Aktor top Micky Rourke berperan sebagai Harley Davidson, ganteng dan jago berantam. Aslinya si Micky ini memang petinju profesional. Juga ada koleganya yang bernama The Marlboro Man yang diperankan oleh Don Johnson. Ia koboy perokok berat tetapi jago dae-der-dor.  Brosist sudah nonton belum? Yang hidup era 90-an pasti kenal filmnya, apalagi yang doyan Harleh, hehe atau HD. Yah kedua jagoan itu sudah opa-opa saat ini. Don Jonson dikenal lewat film seri Miami Vice.

Maaf ya, bukan film itu yang akan jadi cerita, toh kalau mau lengkap beli saja DVD-nnya. Tetapi kuda besi otot kawat itu ada di sudut Jakarta, versi modifikasinya dan persis, nggak ada cela sama sekali.

“Sasis asli FXR dicustom, berubah semuanya seperti di film itu. Kan saya kasih pinjam DVDnya, supaya kamu banyak referensi,bilang Ignatius Hendra alias Bingky. Bingky pemilik rumah modifikasi Carburator Springs kepada reporter yang paling banter menulis Ninja, Vixion, Tiger, sport kapasitas eces. Saban hari juga naik Vespa butut, tapi didalam hatinya, suatu saat nanti minimal bisa beli 1 unit HD. Ce’ileeh, eh amin dong. Amiiiiiin. Jika nggak kebeli juga, ya cukup beli aksesori abal-abalnya.

Cerita modifikasi HD,  pasti cerita menchop atau potong sana-sini sasis. Misalnya sudut rake atau kemudi itu dibuat selonjor seperti di film Don Miolo, hehehe. Bingky yang tampangnya seperti HD itu, memang dilengkapi alat potong memotong sasis dan sekaligus las asitilin.

“Di modifikasi HD besar-besaran, kostruksi selalu dimulai dari komstir. Komstir standar FXR harus diputus dulu dan dibungkus ulang dengan pelat 6 mm dan las,” lanjut Bingky sembari memeragakan memotong komstir pada leher reporter. Hehehe, becanda bro.

Hitungan tebal pelat tadi bagian dari konsep motornya si Micky  difilm, termasuk konstruksi kekuatannya. Maklum sudah nggak pakai sokbreker FXR lagi, tapi pakai punya HD Fatboy. Dari namanya, ini HD yang gemuk, tapi masih anaknya. Lha, gimana bapaknya ya? Fork ini masih anggap kurang panjang dan ditambah tinggi lewat penambahan pipa sama besar pada as sokbreker 10 cm. Setelah itu baru boleh pasang segitiga, setang, berikut antek-antek HD. Pasti semuanya dicustom dibengkel Bingky di Kawasan Veteran, Bintaro, Jakarta Selatan.

Nyambung dengan jalannya cerita, rock n’ roll. Sebelum pertemuannya dengan Marlboro Man di café bernama Eagle Nest di California, USA, Harley berkendara jauh, pagi, siang, malam, sampai ketemu pagi lagi. Di cerita film itu nggak pernah mandi doski. Dia sendiri nggak kena air, apalagi motornya.  Pokoknya meengembara. Itu meenggambarkan konstruksi rakeyang nyaman. Filmnya memang bo’ongan, namanya juga film. Tetapi modifikasi motor yang sedang ditulis ini benaran.

Malah difilmini sengaja melibatkan Micky Rourke dan Don Johnson urusan merampok Bank. Yang ujung-ujungnya melebar menjadi kasus dengan bos narkoba selundupan internasional. “Sudah nontonnya. Pelat galvanis 6 mm tadi, diteruskan sampai fender atau sepatbor, sampai menutupi bodi standar FXR yang aslinya pipa,” tambah Bingky yang dibantu Eko Yulianto, mekanik kepercayaannya. Termasuk side cover berwarna krum itu dari pelat 1,2 mm.

Apapun jenis besi dengan mudah nurut dan patuh segala perintahnya Bingky. Memang dia bukan dewa, tetapi alat dibengkelnya lengkap, termasuk hydraulic pipe bender sampai alat khusus menekuk pelat dengan macam-macam mata pipih, bulat, lonjong dan lain-lain.Contoh terakhirnya disini, itu tangki custom milik HD Soft Tail. Yang kemudian diampelas sampai lapisan dasar pelatnya muncul, lalu dibuat grafis sesuai film, dan terakhir dipernis supaya detilnya muncul. Adib

MODIFIKASI LAIN

Modifikasi KTM Duke 200 2013 (Jakarta), The Real Naked Bike Supermoto Freestyle..!

Modifikasi Honda PCX150 2013, Jurus Pelek Jari-Jari

Modifikasi Montrack, Supermoto Dari Rongsokkan

Modifikasi Yamaha New Vixion 2013 (Jakarta), M1 Rossi Dari Footstep Jupiter MX

Modifikasi Yamaha Byson 2013 (Jakarta), Menjawab Kritik, Yang Murah Cuma Busi..!

 

Data Modifikasi

Ban depan                        : Firestone 80/90-21

Ban belakang                     : Michelin 150/80-16

Pelek                                : 21×2.50 – 16×3.5

Brake handle                     : Performance Machine USA

Master rem                        : Performance Machine USA

Caliper                               : Performance Machine USA

Hand grip                           : Arlen Ness

Sok                                   : HD Fatboy

Triple tree                           : HD aftermarket

Footstep                            : Custom Carburator Springs

Setang                               : Custom pipa 1 inch Carburator Springs

Knalpot                              : Custom Carburator Springs

Spido meter                       : HD tahun tua

Tangki                               : Custom HD Soft Tail

Carburator Springs                : Jl. RC Veteran / Route 66 No. 13 (Gg. H. Ropi’ah)

                                          Tanah Kusir, Bintaro, Jakarta Selatan

Telp                                  : 021-7379378

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353