nhk

Modifikasi Harley Davidson Sporter 883 R Konsep Cafe Racer, Tampilan Apik Paduan Retro Modern

 

ManiakMotor – You atau kamu olang kenal Harley Davidson, sepeda motor nggak ada matinya. Setang kemudi lebar yang tinggi, pijakan kaki di depan mesin yang umumnya model turing sejati. Pengendaranya kudu selonjoran. Tapi ini beda bro.

Bedanya karena sudah dipermak oleh rumah modifikasi Baru Motor Sport (BMS). BMS  yang bermarkas di Jl.Pal Merah, Jakarta Selatan memang juga ada matinya dalam hal modif. Semua konsep mengubah motor-motor moge premium pernah dihancurkan olehnya yang kemudian dibangun ulang lebih asoy dari aslinya. Itu namanya modifikasi.

Bedanya yang lain lagi, pijakan kakinya sudah di belakang mesin Harley. Setang kemudi juga jadi sempit dan berkedaranya kudu tiarap. “Basis mesinnya memang HD Sporter 883R, konsepnya cafe racer atau motor balap bergaya retro ala jaman dulu ini. Pemiliknya memang lagi doyan motor gituan, klasik dan retro,” tutur Arie Wirawan builder sekaligus owner BMS

Untuk memasukan konsep cafe racer pada Harley ini rangka motor dirombak total. Mulai dari sub frame alias rangka buritan dudukan jok diganti sesui konsep. Bahkan back bone atau rangka di belakang komstir yang menyanggah tangki bahan bakar kudu dibikin rendah. Ya maksudnya seimbang. Karena nggak mungkin bagian itu dipertahankan seperti Harley yang posisi tinggi. Ini harus rata menyesuaikan cafe racer yang sebenarnya disebut street racing zaman sekarang.

Tinggal bodi dari pelat galvanis setebal 0,8 mm yang diketok-ketok sampai manis. Tahu sendirinya bodi cafe raser punya aliran minimalis. Habis itu dilapisi cat airbrush dengan warna dominan silver yang dipadu garis-garis orange dan hitam secara vertikal. Tampilan seperti itu membuat motor terasa bernuansa modern walaupun bergaya retro. Mantap bro… Maklum basisnya memang sudah moge.

Seperti konsep cafe racer pada umumnya bagian tangki dibuat ramping dan memanjang. Bagian tail atau buntut dibuat melengkung ala buntut tawon. Sedangkan head lamp dibikin  model quarter fairing yaitu model fairing yang hanya meliputi pale lu doang, eh lampu dan sokbreker depan bagian atas. Itu masih ditambah kaca visor smok yang kecile. Lihat sendiri bro hasilnya, apik bukan.

”Dari mengubah konstruksi rangka sampai bodi gak ada yang sulit kok. Sporter 883 R ini dibikin konsep cafe racer lebih mudah. Basic motornya memang enak,” kata Arie menjelaskan rincian membangun tuh motor. Mudah buat dia yang sudah biasa. Mudah juga kalau ada dana, hehe. 

Ke kaki-kaki depan yang ditopang suspensi up-side down (USD) milik GSX 750. Soal memasangnya tentu saja satu set bersama isi komstir. Paling hanya bikin ulang segita pengikat suspensi depan yang BMS sudah ahlinya. Sok ini mengikat ban Firestone yang ukurannya gambot 500/16 untuk depan dan belakang. Kelihatannya seperti ban mobil model cacing, hehe.

Terakhir kaki belakang, arm masih mempertahankan punya si motor. Akan tetapi untuk suspensi dipasang yang berkualitas tinggi  OHLINS. Itu sokbreker dibeli dari Ohlis Indonesia dengan model suspensi stereo alias dual sok. Lalu perhatikan onderdilnya bro, bermerek semua. Prat

BACA JUGA

Modifikasi Satria FU 200 Drag Bike Pele: Kontroversi 7.1 Detik, Finishing Touch, Komponen Kawahara!

Yamaha Aerox 125 LC, Versi Modifikasi Bakal Jadi Trend Racing Look di Indonesia!

Modifikasi Kawak Ninja 150 TU Drag Bike: 7.0 Detik Di Banjarnegara, Power Kuat Gigi-1 Yang Panjang!

Modifikasi Ninja Rangka Standart Drag Bike 2016: Tercepat di Sulawesi? Nih Rahasianya!

Modifikasi Satria 2T Drag Bike: 7,73 Detik Di Kelas Non Built Up 2T 130 cc, Power Besar Terkendali

 

 Data Modifikasi

Motor: Harley Davidson Sporter 883 R

Rumah Modif: Baru Motor Sport (BMS). Jl.Pal Merah, Jakarta Selatan

Builder: Arie Wirawan

Konsep: Cafe Racer

Rangka: Full Custom by Custom Concept Industry (CCI)

Bodi: Plat Galvanis 0,8 mm Custom by CCI

Jok: Custom Single Sit model roti

Head Lamp: Custom

Spedometer: Translogic

Knalpot: Akrapovic Leher Custom

FootStep: Katsumoto

Ban: Depan + Belakang FireStone 500/16

Cakram/Kaliper: Brembo

BAGIKAN