nhk

Modifikasi Honda Tiger Hanya 14 Hari


ManaiakMotor – Sekali lagi dimaafin. Lha, salah apa bro? Iya, mumpung masih musim maaf-maafan. Ini Honda Tiger 2000 yang dibikin cafe racer belum ada tudungnya, eh sudah keburu difoto. Nafsu kali ini portal mau menulisnya.  

Sama nafsunya dengan Muhammad al Kathiri  yang tergopoh-gopoh datang ke Tauco Custom awal puasa lalu. Langsung saja diterkam, eh, maksudnya di Kebagusan, Jakarta Selatan di markas Tauco itu, diterima Topo Goedel Atmodjo (bos Tauco) dengan senyum hormat dan rasa syukur.

Tetapi itu, sekaligus bikin dia pusing-pusingan. Dalam hati Topo, bila ditolak pemasukan lebaran nihil, diterima pun dia harus banting tulang dan peras otak. Kathiri cuma membatasi 14 hari, karena motornya mau diajak mudik lebaran kemarin. Walah-walah…

Tidak main-main, ini motor akan digeber sampai Jakarta-Jombang, Jatim. “Konsepnya sih eces hanya café racer. Modifikasinya juga murah. Cuma waktu yang mepet yang bikin tidak eces,” kata Topo sambil komat-kamit yang kumisnya sebelah ikut terangkat. Eit, ntar dulu, Topo punya kumis atau nggak, ya?

Retro balap hanya  memainkan karya hand made swing arm dan total memermak  bodi. Tarulah  bodi, Topo ahli melipat-lipat pelat galvanis 0,8 mm. Persoalannya, baru kali ini Topo bikin cafe racer yang pelatnya harus banyak membulat.  Biasanya dia bikin warteg racer, tempat dia biasa nongkrong.

Kontur membulat memang punya tingkat kesulitan tersendiri, maklum bukan fiberglass. Biasanya Topo pakai otak udang, sekarang dia harus pakai otak manusia. Jangan salah kira dengan otak udang. Dengan modifikasi biasa, Topo tidak berpikir keras, berarti otak udang, malah kadang nggak berpikir lantaran telah biasa. Sekarang, dia peras otak yang pakai otak manusia.

Maka dia bikin alat bantu bongkahan kayu yang dicoak melengkung. Kayu ini yang bertugas memproses pelat bisa melengkung. Bila tidak, pelat nantinya banyak sambungan dan banyak dimakan api las. Karena bulat itu ya bulat, tidak lonjong apalagi gepeng.

Nah, seperti buritan bodi belakang itu yang disebut bulat. Hati-hati jangan salah lirik pantat bulat yang lain. Husss..! Sebab, terutama bodi belakang yang sebenarnya membawa nuansa motor ini jadi klasik. Orang lokal bilang pantat tawon,bukan pantat panci!!!

Bagian yang lain yang merepotkan batok lampu depan bulat standar. Fairing yang membungkusnya kudu dicoak bulat dan modelnya bundar karena meniru motor Sky Team 125 café racer. Ini motor jenis sport zaman doeloe yang jok tunggal. Di atas lampu tadi seharusnya ada akriklik sebagai tudung (wind shield), tapi belum terpasang lantaran nafsu angkara murka. Jadi maaf ya bro. TGA

MODIFIKASI LAIN:

Modifikasi Ninja 250 Model Tamborini From Tjakarcha

Modifikasi Suzuki Thunder 250 (Jakarta), Lengan Ayun Cafe Racer

Yamaha Vixion, Chopper Jarang Di Darat

Modifikasi Honda GL 100, Mini Chopper Titisan Empu Kediri

Modifikasi Yamaha ‘Jupiter M1’, Pakai Otak Miring

Modifikasi Mio Soul, Api Terus

 

Data Modifikasi

Motor              : Honda Tiger Tahun 2000

Stang setir       : Ride It (clip on)

Kenalpot          : Kwangen Custom Products

Bodi full set     : Pelat galvanis 0,8 mm

Pijakan kaki     : Yoshimura

Installer          : Tauco Custom  Jl. Kebagusan Raya No.99, Jagakarsa

   Jakarta Selatan, Telp ; 0856 8380209

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353