nhk

Modifikasi Honda ADV 150 Versi Racing Boy (RCB): Raiser Setang Mantap..!

ManiakMotor – Lebih tepatnya mengganti beberapa part aslinya dengan Racing Boy alias RCB. Juga ada barang PT Enwan yang menjual RCB, UMA Racing dan knalpot Proliner pada Honda ADV 150. Katanya sih butuh perjuangan keras untuk dapat matik baru Honda tersebut di dealer resmi. Eh ini motor malah didapat di toko kecil di kawasan Karawaci, Tangsel, Banten dengan keadaan baru, tapi komstirnya longgar, haha.

Langsung saja digarap. Yang mudah-mudah dulu. Misalnya ADV 150 disegarkan stikernya dengan warna khas RCB. Lanjut ke kaca spion agar kamu bisa ngaca. Juga bisa intip yang lain di belakang. Ganti spion mah, anak kecil juga bisa, apalagi barang RCB yang PNP. Bahan spionase ini full alloy dan bisa disetel ke segala penjuru angin. Spionnya nggak mahal, cuma Rp 900 ribu.

Knalpot Proliner juga dibilang mudah diteraplkan, karena langsung dipola oleh para ahli. Kan PT Enwan pabrik knalpot. Menggunakan tipe PRO SV dengan suara ngebas asyik. Suaranya nggak berisik dan menganggu tetangga, kalau kamu tinggal di gang-gang. Knalpot ini di pasaran dijual dengan Rp 1.32 juta di pasaran.

Sokbreker belakang juga sasaran selanjutnya. Hanya saja, RCB belum memproduksi untuk belakang ADV yang tergolong baru d belantika matik Indonesia. Sudah gitu panjangnya 395 mm bro. Padahal yang terpanjang untuk matik seperti Nmax nggak segitu. Yang mendekati sokbreker RCB DB5 untuk Yamaha Xmax yang 345 mm. Sokbreker yang dilengkapi setelan rebound dan tabung kompresi ini diberi adaptor yang kuat. Udah empuk tuh.

Sekarang pada kaliper rem depan belakang ganti RCB tipe S1 dan S2 yang single pod. Terpaksa mengorbankan combi break system pada ADV. Dibantai tuh, nah ini baru modifikasi.  Menggunakan kaliper RCB yang biasanya dipasangi untuk Beat lantaran dudukannya di kiri. Dudukan kalipernya baru dengan dua baut dari pelat 6 mm dan lebar 110 mm. Bentuk dudukannya mirip dengan milik PCX.

Master rem juga ganti RCB tipe forged yang menambah perfoma pengereman dan penampilan. Tidak ada kesulitan dalam eksekusinya, hanya perlu dana Rp 1.8 juta untuk kalau kamu mau menebut masternya. Itu sudah sekalian selang rem 200 mm utk belakang dan depan 130 mm. Masternya juga sekalian presure switch untuk lampu rem.
Jalur slang rem semua mengikuti aslinya.

Lanjut raiser atau mount bar alias dudukan seteng kemudi yang pakai RCB biasanya untuk Nmax. Karena bukan peruntukannya harus bikin ulang dua bushing menyesuaikan dengan  komstir ADV. Dudukan raiser Nmax ada 4 lubang yang terpakai cm 2 lubang sesuai aslinya.

Mantap kan. MM

 

BAGIKAN