nhk

Modifikasi Honda Astrea Supra: Hasil Kreasi Anak SMK, Modifnya Banyak

Modif Supra SMK-a

ManiakMotor – Praktek kerja lapangan adalah hal umum yang pernah sekolah di STM yang sekarang SMK. Itu sekolah kejujuran, eh kejuruan. Namanya juga anak sekolah, hasilnya belakangan saja yang penting sudah melakukan modifikasi. Macam modif Honda Supra ini.

Modif Supra
Inilah lima siswa SMK tersebut

Karya bareng mereka dilakukan di bengkel modifikasi gaek Tauco Custom Motorcycle dibilangan Tanah Baru Beji, Depok. Ada 5 siswa – salah satunya cewek – belajar jadi modifikator motor yang dimbimbing Topo Goedel Atmodjo. Dia builder berpengalaman yang workshopnya sekarang menepi di Depok. “Ini kan agenda setiap tahun dari Tauco bekerjasama dengan sekolah di bilangan Depok,” ujar Topo.

Honda Astrea Supra jadi bulan-bulanan dengan rangka Supercup 700, eh maksudnya bahan ubahan. Bebek yang awalnya jadi kendaraan operasional bengkel ini, direlakan Topo untuk dijadikan bahan praktek. Konsep yang dipilih bebas dan mereka dituntut untuk kerja team. Seperti mendesign dan mewujudkan dengan bentuk yang nyata.

Lumayan sih tampangnya

Dilihat secara hasil akhir , motor dengan tema kerdil ini cukup unik. Shorty duck style, begitu si Iksan Adtya Maulana salah satu anak SMK menyebutkan konsep dasar motornya “Motor bebek kerdil atau kuntet, karena aplikasi roda ring 14 inci. Semua bagian motor hampir tersentuh. Karena kerja kelompok jadi pembagian kerja juga lebih jelas , sesuai intruksi pak Topo untuk bisa kerja sama dalam bekerja,” kata murid sekolah SMK Kesuma Bangsa Depok ini.

Modifikasi ini cukup menantang, keseluruhan pirantinya harus normal dan hidup selayaknya motor standart. Paling menonjol pada kaki-kaki dengan lingkar roda yang imut, pelek lebar dan ban gambot. Itu pakai teromol depan-belakang yang bukan PNP, tapi rekondisi dari velg racing Honda Tiger Revo. Tentu saja main potong, gerinda dan sebagainya yang disebut modifikasi.

Apalagi menggunakan jari-jari yang memaksa bagian tengahnya dilubangi, “Ini proses kreatif dan mengajarkan anak usia sekolah tidak manja. Mereka tidak asal beli dan pasang, tapi harus bisa memanfaatkan barang yang ada. Velg Tiger Revo itu ring 18 inci dan tapaknya kurang lebar, gak banyak orang mau pakai, bekasnya numpuk di gudang. Bisa diolah menjadi teromol yang unik dan menarik,” jelas modifikator dengan gaya rambut macam Ipin Upin ini.

Karena velgnya tapak lebar, shock depan diubah karena yang masih menganut model springer. Potong sambung dengan pipa dan melar menjadi lebih lebar 4 cm dari standar. Bagian belakang juga sama dengan melebarkan swing arm. Lengan ayun diganti ulat karena tapak roda belakang yang 4,5 inci. Arm ini menggunakan pipa ¾ yang disambung dengan las listrik dan tampa dempul. Topo

Data Modifikasi
Velg depan; rossi 250/14
Velg belakang; rossi 450/14
Ban depan: FDR 100/70/14
Ban belakang; Dunlop 140/70/14
Shock belakang: yss variasi
Stang; variasi trail
Knalpot; Ahua motor racing
Teromol depan/ belakng: restorasi velg castingwheel Honda Tiger Revo
Lampu depan / belakang; variasi Thailand
Lampu sein depan / belakng; variasi
TAUCO CUSTOM MOTORCYCLE
Jl Sama Berkah no 121 Tanah Baru Beji Depok
Telp 0822 9801 3322 / 0821 1469 9182

BAGIKAN