nhk

Modifikasi Honda Beat 130 cc Matik/Matic Race: Mirip Korek Harian, Murah..!

ManiakMotor – Modifikasi Honda Beat 130 cc untuk road race atau Matik/Matic Race di Kelas Matik STD 130 cc, tipis-tipis dengan korek harian. Sesuai peraturan tidak ada yang ekstrem. Kan dibatasi 130 cc, dilarang keras pakai cara stroke-up dan sebagainya regulasi ketat.

Seperti Honda Beat milik Deliza SPM HB Feat B’Speed  yang juara di Corsa Matik Race di Maulana Yusuf, Serang, Banten, awal Februari 2015. Sudah lama, tapi ilmunya nggak pernah basi untuk diterapkan harian.

Pembalapnya Alim Lee asal Serang yang juara Kelas 130 Std Banten dan juara pula di Matik 150 TU dengan spek 130 Std. Motornya layak tulis karena boleh diikuti sampeyan yang punya matik. Termasuk matik yang digunakan harian. Kalau mau lanjut lebih paham lagi coba baca juga ini: Spek Balap Matik 130 cc, Cocok Untuk Korek Harian, Modal Rp 1.5 Juta.

Contoh kem yang asli Beat, pantatnya dipangkas  tak lebih dari 1,5 mm. Lebih dari itu sudah tak maksimal. “Lift atau angkatan klep masuk 8.9 mm dan buang 8,7 mm. Spek ini cocok dengan porting yang cuma menghilangkan ‘kulit jeruk’ atau porting polish,” jelas Bogel R sebagai mekanik sembari bilang supaya tak salah mencetak kem mendingan dikasih keahlinya yang punya gerinda pencetak kem. Beli jadi juga bisa.

Spek yang berhubungan dengan saluran masuk dan buang termasuk knalpotnya silakan lihat DATA MODIFIKASI, di situ lebih lengkap. Yang jelas Beat ini pakai piston FIM. Agar pas dengan kapasitas digunakan yang diameternya 54,75 mm.

Piston FIM sudah dilengkapi dome tinggi untuk mengatur kompresi dan coakan payung klepnya. Mekanik tinggal mengatur puncak piston dengan pisau tunner sesuai selera dengan karakter yang disukai. Monggo juga beli jadi di speed shop. “Saya memakai perbandingan kompresi 12,1:1. Bahan bakarnya pertamaxplus,” tambah Bogel yang memang bogel itu.

Ketika bermain di Serang, ini motor punya daya tahan yang oke. Speednya konsisten sepanjang balapan. Kan bisa dilihat dari transponder. Juga suara mesinnya yang siem terus untuk ukuran di kelasnya. Pokoknya merdu didengar dan enak ditonton.

Ternyata, itu masih diakali dari sistem pengapian akal-akalan. Cukup menggunakan CDi Mio yang limiternya dilepas.  Alasannya menggunakan CDI ini karena murah ketimbang CDI racing, tidak ada alasan lain. Cara memasangnya juga mudah dengan hanya menyesuaikan soket dan sensor pulser pada magnet Honda Beat.

Kalau dihitung-hitung oprekan di atas tak lebih dari Rp 2 jeti. Itu hanya mesin belum hitung kaki-kaki. Yang jelas oprekan ini sangat bermanfaat untuk harian yang masih menggunakan lampu. Rzk

BACA JUGA

Spek Balap Matik 130 cc, Cocok Untuk Korek Harian, Modal Rp 1.5 Juta

Korek Kem Standar Semua Motor Harian

Modifikasi Yamaha Touch Drag Bike: Silinder 125Z Di Sport TU 2T 140 cc, Chodox Butuh Power

Modifikasi Yamaha R15: Langganan Juara FUN Race Sentul 150 cc

Modifikasi Mio Bill Speed: Di Liaran Jagoan 54 Full Standar, Menang Terus 15 Partai!

DATA MODIFIKASI
Motor : Honda beat
Team : DELIZA SPM HB FEAT B’SPEED
Pembalap : Alim Lee
Mekanik  : Bogel
Karbu : PE28
Pilot/menjet :125/52
Diameter Klep : In 28 mm dan buang 23 mm
Roller : 6 gram rata
Per CVT  : 1500
Kampas ganda  : STD
Knalpot : CLD
Magnet : STD
Koil : STDr
Sokbreker depan : STD Modif
Sokbreker belakang : KTC
Pelek depan  : STD
Pelek belakang : STD
Ban depan dan belakang : Corsa
No telp : 08771550535 (Bogel)
Alamat: Jl. Raya Serdang Waringin, depan persis perumahan Krakatau Steel (Cilegon)

BAGIKAN