nhk

Modifikasi Honda C70 Street Cub: Pakai Mesin Karisma Untuk Pantai

 

 

Maniak Motor – Modifikasi Street Cub tiga tahun lalu sampai sekarang sedang tenar.  Aliran ini digemari tua dan muda. Bahannya dari C-70 yang dibangun ulang dengan peremajaan di sana-sini. Terutama kaki-kaki yang gambot dan bodi dibikin kinclong ulang.  Nggak ada bahan C-70, Honda Karisma pun jadilah Street Cub. Seperti tulisan ini.

H. AA Holik Hamjah si pemilik modifikasi, punya cerita. Katanya, konsep Street Cub memang menggodanya. “Saya tertarik aja mau bikin, mumpung ada motor nganggur di garasi. Untuk Karisma hanya pakai mesinnya. Rangka dan bodi sih tetap C70,” tutur Holik pria yang telah berumur 58 tahun ini. Wah sudah ABG ya alias angkatan babe gue.

Terus yang membangun ini motor kata Holik  New Speed Garage (NSG). NSG  digawangi Aditiawan atau sering disapa Didit. NSG ini memang piawai dalam mengkombinasikan mesin muda dengan rangka jadul. Karena biasa, mudah buat NSG menghancurkan motor kemudian memperbaiki kembali lebih cantik disebut karya modifikasi.

Hasilnya Honda C70 bermesin Karisma. Mesinnya kuat menarik roda-roda besar dengan bannya yang khas. Apalagi, konsep Street Cub berawal dari mainan pantai. Ini motor untuk wara-wiri di sana saat santai. Sebut pantai pasti di pinggir lautnya ada pasir. Motor jalan di pasir butuh tenaga yang besar, pak.

Pakai mesin Karisma itu eces ditarik karena masih segar keluaran 2005. Lagian mesin Karisma dan C70 nggak banyak beda. “Basisnya sama, hanya beberapa bagian mencoak rangka dan bodi. Sebab bodi C70 sekaligus rangka atau monokok,” jelas Didit yang rumah modifikasinya di Pinang Emas 1, No. B5, Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Didit juga sembari cerita lengan ayun juga pakai barang Karisma sebagai dudukan pelek yang lebarnya 4.5 inci itu, lebar juga ya. Lengan ini masih diperlebar dan diperpendek sesuai kebutuhan. Tentu saja perngerjaannya menggunakan gergaji dan las. Pokoknya kuat memegang pelek  dan ban besar dah.

Sokbreker belakang stereo dari variasi. Sedang suspensi depan tetap aslinya yang model lengan, lihat saja fotonya, mantap. Di situlah nyetriknya C70. Nyentrik yang lain tentu saja bodinya yang unik. Bodi dimainkan dengan jurus-jurus pengecatan hitam, putih dan perak yang memang mengikuti kemauan si Holik si pemilik motor.

Makanya di STNK disertakan pula identitas inisial AA Colection yang menggambarkan bahwa motor ini memang salah satu koleksinya. Setang motor menggunakan billet custom sedangkan untuk lampu motor, mulai dari depan, belakang hingga sein menggunakan custom after market. Prat

BACA JUGA

Modifikasi Honda C70 Street Cub, Itik Takut Air

Modifikasi Honda Tiger: Street Fighter Yang Gahar Dari Rangkanya

Modifikasi Honda GL Max Neotech: Berubah Jadi Honda CB Twin

Modifikasi Yamaha RX-Z Dragbike, Pake Jurus Diet Sikat 7,5 detik, Sport Tu 140 cc

Modifikasi Suzuki GSX-R750 (G): Vintage Klasik, Buatan Jagakarsa

 

Data modifikasi :

   Mesin: Karisma ’05 125cc

   Pelek depan: ROSSI 17 X 3”

   Pelek belakang: ROSSI 17 X 4,5”

   Ban depan: CORSA 100/70-17

   Ban belakang: CORSA 120/70-17

   Gir belakang : SINNOB

   Shockbreaker : AFTERMARKET

   Selang rem : HONDA

   Footstep : HONDA

   Knalpot: Orisinal C70

   Swingarm : CUSTOM NEWSPEED GARAGE

   Lampu depan: AFTERMARKET

   Stang: BILLET CUSTOM NEWSPEED GARAGE

   Body: C70 WIDEBODY CUSTOM NEWSPEED GARAGE

   Jok: CUSTOM NEWSPEED GARAGE

   Cat: NEWSPEED GARAGE

   Diskbrake depan: CUSTOM NEWSPEED GARAGE

   Spion: AFTERMARKET

   Lampu rem: AFTERMARKET

   Switch : AFTERMARKET

   Bengkel : NEWSPEED GARAGE

BAGIKAN