nhk

Modifikasi Honda C70 Tahun 1978 (Purwakarta); Motor Dari Kayu Street Cub

 

 

ManiakMotor – Sekadar motor kayu sih kayaknya mudah, tuh banyak dijual untuk anak-anak alias motor-motoran. Tapi seperti Honda C70 butuh otak dan skill seni perkayuan. Bentuknya tak meninggalkan wujud asli C70 kan. Juga lebih berseni dengan gaya masa kini yang disebut Street Cub.

Maklumlah yang bikin Yudi Haryadi, pria asal Pesawahan, Purwakarta, Jabar ini memang aslinya pengrajin seni kayu. Sehari-harinya ia bikin furniture dan sebagainya berhubungan dengan perabotan rumah. Suatu ketika pria gondrong yang akrab disapa Ki Joko tanpa Bodo, juga nggak ada Wi itu, ditantang adiknya.

Kebetulan juga si adik builder ternama di Purwakarta. “Selama ini biasanya motor dicustom paki  fiber, plastik atau pelat. Kali ini biar tampil beda pakai kayu,” urai Deni jefrit adik kandung ki Joko sembari bilang, hanya bagian tertentu yang menggunakan kayu. Rangka ya tetap aslinya C70, hehehe. Kirain kayu semua bro.

Ki Joko langsung jadi presiden, eh maaf salah. Ia bergegas ke gudang untuk prosesi pahat memahat kayu. Bahan dasar kayu merupakan limbah yang tak terpakai. Jok – walah – nggak keras tuh tempat duduk dari kayu, bisa embeien. Oh ternyata masih ada busa atau jok sepeti aslinya di atas ornamen kayu.

Dari semua itu, sayap yang mendominasi dari kayu. Karena bagian ini yang bisa dimainkan dari kayu keseluruhan. Sayap bukan bagian dari konstruksi rangkanya. Kolo kayunya jadi roda, nah itu luar biasa.

Fork juga sepintas pakai kayu, namun itu hanya sarungnya yang sekarang disebut kondom. Kondom-kondom kayu ini juga ada di tangki, tutup aki dan sebagainya yang bisa ditutup kayu. Sedang sokbrekernya ya tetap sokbreker model lengan khas C70. Juga batok lampu  kayu dan setang setir. Dengan komposisi ini jadilah berseni, karena memang harus dikerjakan dengan seni kayu, apalagi ada ukiran-ukiran Jepara di sana.

Proses finishingnya menggunakan pernis. Sedang tampilan sebelumnya motor ini telah direhap ala street cub. Roda besar dan telanjang tanpa sepakbor. Tampilan yang digemari bagi penggemar C70.  Trisya

BACA JUGA

Modifikasi Honda C70 Street Cub, Itik Takut Air

Modifikasi Yamaha Mio 2014 (Purwakarta); Pura-Pura Ojek, Eh Taksi

Modifikasi Ninja 250 RR Mono: Pakai Barang Bermerek Di Kejurnas 250 cc Sentul

Modifikasi Yamaha V-Ixion 2014; Pindah Gigi Bukan Di Kaki, Tapi Di Tangan Kiri

 

 

DATA MODIFIKASI

Jok         : Kayu Jati

Stang     : Kayu Jati

Sayap    : Kayu Jati

Pork       : Kayu Jati

Lampu dpn ke Blkng   : Kayu Jati

 MODIFIKATOR

‘Ki Joko’. Jl.Purnawarman Timur 28/05 Sindangkasih, Purwakarta

BAGIKAN