nhk

Modifikasi Honda CB Twin (Banjarnegara): Chopper Tradisional, Khusus Kontes

 

ManiakMotor – Namanya chopper memang sudah tradisi. Singkatan chop kan dari dulu artinya pertukangan potong memotong rangka. Macam Honda CB 125 Twin ini, rangkanya sudah chop. Ya itu beda dengan disop. Ini nggak ada kuahnya bro, besi semua.

Bila sudah ada kata chopper, berarti sudah jadi bentuk motor setelah disop, eh dichop. Macam  builder asal Banjarnegara, Jateng yang namanya Herri Tatto yang memotong Honda Twin bikin cantik. Ia punggawa Independent Paint yang katanya karyanya sekelas internasional.

“Ini gabungan modif gaya chopper yang menginspirasi aliran Hod Rod. Makanya saya menyebutnya tradisional chopper,” beber Herri Tatto yang badannya macam koran, banyak tulisan di mana-mana. Ah itu bukan koran bro, tapi tatto sesuai namanya.

Wah lucu juga. Mungkin maksudnya gayanya Hod Rod aliran si Tatto. Disebut begitu, karena si Tatto yang menchop ini motor. Itu karyanya. Jangan main-main, karya tersebut pernah juara The Best Bra Style waktu Honda Auto Kontes di Jogja.

Padahal kebanyakan nih onderdil motor diambil dari barang rongsokan. Mesin misalnya,  dibangun dari nol dengan mengais-ngais  limbah-limbah bekas di loakan. Dulunya katanya, mesin yang sudah koit itu dibeli Rp 1.6 juta “Rangka juga begitu, saya rangkai dari pipa-pipa yang tidak terpakai,” jelas Tatto yang beralamat di Jl.Raya Rejasa km 1, Banjarnegara.

Sisi british-nya ya jelas saja dari setang yang tinggi dan pasti ketek berbulu si pengendara akan tertiup sopoi-sopoi. Setang custom ini satu paket dengan setiga atas. Segitganya menjepit suspensi depan teleskopik yang mengilap itu. Itu juga masih satu paket dengan pelek depan lingkarannya 19 inci yang jari-jarinya model twis. Nyetrik oiiii…

Sama uniknya dengan dengan perseneling dari alat pertisida yang dicustom. Waktu ganti gigi persenelingnya di tangan. Makin nyentrik dengan pelek belakang mobil Katana yang dilingkari  ban Good Year. “Ya sudah tinggal penampilan cat  seluruh bodi full gliter custom,” cerocos  builder yang suka dengan gaya nyentrik

Lebih khas tangki dibuat kecil namun berotot. Dengan gambar sisi kanan angel eyes yang berarti kebaikkan. Tangki sisi kiri gambarnya  red devil yaitu keburukan. Artinya motor ini punya dua wajah seperti manusia yang punya sisi baik dan buruk, tapi sisi baik lah yang harus dijalani. Bukan begitu bro?

Ya gitu deh, hikayat chopper. Trisya

BACA JUGA

Modifikasi Yamaha Scorpio (Jakarta): Temanya Classic Not Plastic

Modifikasi Yamaha Scorpio Z 20O9: Tukang Bakso Naik Ducati

Modifikasi Suzuki FU-150 (Purwokerto): Robot Keberatan Bodi..!

Modifikasi Honda PCX150 (Bandung): Matik Promosi, Variasi Thailand Semua

Modifiksi Honda CB100 1982 (Bandung); Konsep Bratstyle

DATA MODIFIKASI

Stang: Custom

Pelek Blkng: Katana Ring 15

Pelek Depan: TS Ring 19

Lampu Dpn: Chevrolet

Tromol Dpn: CB 200

Kenalpot: VW Combi

Ban Depan: Avon 90\90-19

Ban Belakang: Good Year 155-15

Perseneling: Alat Pertisida Di Custom

BAGIKAN