nhk

Modifikasi Honda CB125SS (Jakarta), Konstruksinya Detil..!

ManiakMotor – Macamnya ini motor, tua-tua keladi! Setang kemudi clip-on dan fairing membulat dari  pelat 0,7 mm yang dipadu windshield alias tebeng angin. Jadilah bergaya Honda RC112, kuda besi balap pabrikan Honda 1960an. RC112 adalah motor bermesin dua silinder yang masing-masing 50 cc, 9 speed. Beda dengan model café racer (CR) yang hanya pura-pura balap tanpa fairing. Silakan tanya sama kakek, kalo ga percaya. Percoyo, percoyo cocote…

Boleh taruhan, itu RC112 telah masuk museum. Sedang yang di foto ini adalah Honda CB125SS produksi 1967 yang bermesin twin. Konsepnya mengikuti yang ada di museum Jepang itu. Tepatnya di Honda Collection Hall, di Sirkuit Motegi, Jepang. Rapi, cantik, dan detil. Cocok disewa untuk pameran, launching, sinetron dan bisa untuk gaya brosist sendiri, yang penting berani bayar. Pinjam nggak bakal dikasih, sampai nagis bombay sekaligus…

Kunci proses menyulap motor layak masuk museum, adalah sabar. Kan sabar dikashani Tuhan. “Kurang lebih delapan bulan modifnya. Semua prosesnya memakan waktu,” buka Yusuf Abdul Jamil (Ucup), dari Lawless Jakarta, selaku modifikator. Dia dibantu Wardoyo dari Gandul 2Wheels Custom (G2C), untuk urusan bodi.  Kirain gampang, kan cuma rangka dan fairing yang senderhana.

Fairing konsepnya bolton yang boleh dipasang langsung dari bagian depan. Setengah lembar pelat ukuran 60 cm dengan bantuan pola karton dibentuk di luar pengerjaan sasis. Itu tugas palu,  gerinda dan las  asitilin. Pengerjaannya hati-hati, karena lengkungan fiturnya seirama dengan moncong, buntut dan tangki. Pokoknya fitur aerodinamika fairing balap zaman dulu.

Bahkan konstruksi pemegang fairing dipilih pipa yang dibentuk menyerupai rangka. Lekukan pipa pemegang mengalir seperti fairing. “Bengkokan pipa selaras sasis dan pelat fairing. Teknik bengkoknya menggunakan Hydraulic Pipe Bender, merek Krisbow,” kata Wardoyo dan Ucup seperti berebutan menjawabnya. Tenang, tenang, dua-duanya disebut kok.

Makanya fairing cukup dipegang lima 5 baut. Tentu saja ada murnya, kan baut dan mur adalah pasangan serasi sejak mereka lahir di dunia. Ada baut tanpa mur, ya nggak jadi. Sebaliknya begitu. Satu baut di depan, dua di atas dan dua pula di bawah. Tumpuan fairing atas, bersumbu pada komstir. Pipa bagian bawah pemegang fairing masih satu kesatuan dengan pijakan kaki. Di situlah yang disebut detil alias dipikirkan alias modifikasinya pakai otak, bukan pakai dengkul, juga bukan pakai mulut.

Lekukan buntut belakang. Ya, namanya buntut di belakang coy, mana ada kuda buntunya di depan. Ah… ada-ada saja reporter ini menulis. Buntut setengah bulat ini pakai taktik ‘cor’. Macam mau membangun rumah. Caranya, ikuti tukang bangunan membuat cetakan coran dari pelat, lalu diisi dengan semen dan biarkan semen mengeras. Acuannya, ya pada bentuk semen yang telah bulat itu. Kalau ternyata kotak, berarti kualat.

Sedang konstruksi tangki, cukup dengan buat dudukan pada sasis. Ini tangki bukan ngarang, tapi asli milik Honda Dream 50R. Setaralah dengan kaca windshield. “Sekitar 4 bulan buatnya mas. Bahannya dari acrylic, tapi cetakannya dari pelat. Order sama Geba Leisure Parts di Bandung. Cuma dia yang bisa kayaknya,” jujur Ucup.

Warna cat yang kinclong itu karena menggunakan cat oven. Itu yang disebut sabar dan telaten. Kelihatan sederhana, tapi di baliknya adalah perjuangan custom. Maka, hidup modifikasi, jaya selalu modifikator dan sehat sejahtera  yang mau motornya dimodif. Kalau nggak begitu, nggak ada modif di maniakmotor.com. Adib

 

MODIF LAINNYA:

Modifikasi Honda S90Z 1973 Jakarta, Jurus Merakit Besi Tua

Modifikasi CB125, Maunya Muda Terus

Modifikasi Honda Dream 305 1972, Nyali CR

Honda S90Z, Asli Man…!

Modifikasi Honda CB650 Jok Tunggal Buntut Tawon

Modifikasi Honda Tiger, Pakai Sasis CRF250R, Mudah Katanya..!

 

Data Modifikasi  
Ban depan : IRC 2.50-18
Ban belakang : IRC 2.75-18
Pelek depan : TK 2.15-18
Pelek belakang : TK 2.50-18
Fairing + buntut : Pelat G2C
Tangki : Honda Dream 50 R Custom
Jok : AJS Andi
Widshield : Acrylic Geba Leisure Parts
Knalpot : Custom G2C
Cat : AZ Bodyworks
Sok belakang : Honda WIN Custom
Setang : Variasi
Footstep : Custom G2C
Lawless : Jl. Kemang Selatan No. 67/K, Jakarta
    Selatan. 021-7192871 / 085714540979
G2C : Jl. Raya Krukut, Gandul, Cinere, Depok
    021-46427753 / 081380571391

 

BAGIKAN