nhk

Modifikasi Honda CBR600RR 2004 (Jakarta), Ngarang Konsep Brutale

ManiakMotor – Materi Honda CBR600RR 2004 mendukung untuk ‘mengarang’ tampilan. Mesinnya 4 silinder segaris, rangka besar dan kak-kaki kekar. Tinggal mengarang bodinya agar macam  MV Agusta Brutale (MAB).

Lha, ngapain mengarang kan sudah ada MAB untuk ditiru. Hanya bikin pola dan langsung cetak fibergalass, bere kan? “Beda bro, MAB mesinnya V horisonal. CBR vertikal dengan rangka yang lebih lebar, belum lagi nantinya pakai air brush motif api. Jadi berlawanan,” kata Andri Irwan, atau akrab disapa Chemonk. Nama bengkelnya Chemonk Modified (CM).

Ya sudah, konsep MAB tetap jalan yang lain diciptakan sendiri alias mengarang. Untung CM lumayan terlatih bikin fairing dari fiberglass. Contohnya, Kawasaki ZX6 yang dipacu M Fadli, CM yang bikin. Pantas  Fadli jatuh melulu, fairingnya tiba-tiba baru lagi. Hehehe…

Mengarang, bahasa kerennya imajinasi yang wajib dilakukan seorang builder. Memang imajinai itu keahlian modifikator. Caranya, Cemonk menelanjangi CBR600RR. Sebab, itu motor aromanya sportbike tulen. Jelas butuh imajinasi lebih dong. Ya, kan..?

Iya! Tuh udah dijawab. Tangki standar, sirip depan di bawah tangkinya yang dibuat simpel. Itu juga mengarang. Dia beda dengan konsep brutal pada MV Agusta yang banyak memamerkan mesin dan rangka.Apa pun hasilnya, bangga dengan kreasi sendiri,” tambah Chemonk yang berkacamata itu.

Perlakuan sama pada fairing bawah atau penutup mesin, sudut-sudutnya dibikin  tajam. Cemonk mengikuti bentuk lekukan mesin. Tapi bagi portal ini, hehehe, sebaiknya fairing itu diperingkas. Maksudnya hanya bagian paling bawa yang dipakai. Ya, tetap memamerkan mesin. Kan yang dipamerkan mesin 600 cc, bukan mesin kecil, bro. Itu hanya saran…

Tetapi builder punya alasan lain. Fairing itu katanya untuk media airbrush. Bila medianya kecil, motif kurang realistis. “Soalnya motifnya api, harus banyak media dari atas ke bawah. Supaya motornya sperti terbakar,” tangkis Chemonk sembari bikin api terus. bih tampak. Pantas panas benaran, nih. “Ah, itu sih salah, ente pegang mesin panas!”

Wakakakak... ngarang.  Adib

BERITA TERKAIT:

Modifikasi Honda CB150R StreetFire, Lebar Peleknya 6 Inci

Modifikasi Yamaha New Vixion Lightning, Lengan Ayun Moge

Modifikasi Yamaha Scorpio (Jakarta), Hell Cat

Modifikasi New Ninja 250, Keren Kaki-Kakinya Bro ..!

Modifikasi Kawasaki KLX 250, Supermoto Punya

BAGIKAN