nhk

Modifikasi Honda GL-100 (Tangerang), Tidak Jual Tampang, Berani Potong Leher..!

ManiakMotor – Honda GL100 dipermak untuk diajak keluar masuk hutan. Kalau sudah difoto seperti ini, ya berarti pengendara dan motornya selamat keluar dari hutan, berulang-ulang pula.  Modifikasinya berhasil dong, mesin kuat dan kaki-kaki paten.  Ingat ya masuk hutan loh, bukan masuk kota.

GL-100 keluaran 1990 jadi model garuk tanah yang tetap memanfaatkan single cradle frame standarnya. Inimodifikasi bentuk dan fungsi, bukan penampailan. Ya, fungsinya adventure tadi. Sub frame dan serangka-rangkanya diobrak-abrik. Coba saja didekati, banyak gumpalan tai las listrik di mana-mana.  

“Ini modif sudah 3 tahun dikerjakan sikit demi sikit. Bukan dari barang-barang mewah, dana terbatas,” jujur Ableh yang berangkat dari Syifa Motor 99 (SM) d idaerah Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. SM bengkel umum, bukan khusus modifikasi konstruksi rangka dan bodi yang telah terkenal.

Contoh bikin rancangan komstir,  Ableh harus tutup bengkel dulu sebentar untuk pergi ke bengkel las pinggiran. Dia juga membawa tas yang isinya sigmat dan juga uang tunai. Ini untuk set-up sudut rake dan trail lebih dalam yang semula model cruiser ala GL. GL asli rake-nya renggang ini kira-kira 25o. Ya, karena semua pakai hitungan kira-kira.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Yang jelas itu agar lincah belok-belok di bebatuan, tanah dan akar-akar pohon khas hutan. Kalau diperhatikan leher GL ini dipotong dulu sampai putus. Tuh tandanya ada bekas pengelasan pada sekujur leher komstir. Bila di modofikasi tampailan yang jagoan, bekas-bekas tersebut dipermanis dengan dempul yang tebal-tebal. Ini mah dibiarkan saja, yang penting kan kuat dan berfungsi untuk enteng belok.

Kalau sub frame beda cerita. GL ini pakai sasis Suzuki TS yang memang aslinyanya untuk masuk keluar hutan. Sasis tersebut didapat dari  loa’an. “Saya tidak tahu itu TS tahun berapa,” tambah Ableh, sembari menjelaskan pemilik motor ini bernama Lilik dari Pamulang, Tangerang. Wah, kirain Ableh sendiri yang punya. Bilang dong dari tadi…

Tidak langsung pasang, harus  pergi ke toko spare part untuk beli swing arm Honda Tiger dan monoshock berikut bodi full set Kawasaki KLX 150.Ini untuk pasangan rangka tadi. Ya kemudian kembali lagi ke bengkel las. Arm Tiger posisinya untuk mengunci sasis yang panduannya dari bodi KLX. Maksudnya bodi berperan sebagai mal.

Langkah-langkahnya ia jelaskan detil pada tukang las, yang fokusnya roda center dengan rangka. Termasuk pengaruh bodi pada titik-titik menempel frame pada rangka GL. Disambung dengan membuat link monoshock atau nama lainnya tulang anjing (dog bones) dari pelat 3 mm dan panjangnya kurang lebih 4 cm.

Bicara mesin, nih pakai  silinder dan kepalanya Honda Tiger. Wah sudah 200 cc dong. Pantas bisa keluar dari hutan. Belum lagi dengan  karburator Ninja 150. Nah, makin ketagihan keluar masuk hitan.  Adib


BACA JUGA

Modifikasi Yamaha RX-King (Jakarta), Café Racer Penggemar Berat The Doctor, King of King

Modifikasi Kawasaki Ninja 250 (Jakarta): Berotot Six-Pack

Modifikasi Ninja 150R 2013; Penampakkan New Ninja 250 2014

Modifikasi Yamaha New Vixion 2013 (Krawang), Kaki-Kaki Yamaha 250 cc..!

Modifikasi Kawasaki Z250 2013 (Jakarta); Pro-Arm Ducati 848..!

 

 

Data Modifikasi          
Ban depan   : Swallow X-Cross 2.75-18  
Ban belakang   : Swallow X-Cross 3.00-17  
Pelek     : DID      
Bodi     : KLX 150 Full Set    
Sok depan   : KLX 150      
Setang     : Variasi      
Cakram     : Honda GL    
Teromol depan   : Honda GL    
Teromol belakang   : Honda Tiger     
Syifa Motor 99   : Jl. Rawa Simprug VI, RT010/09, No.9, Grogol Selatan,
        Kebayoran Lama, Jakarta Selatan
Telp     : 021 – 99437438    

 

BAGIKAN