nhk

Modifikasi Honda GL Max Neotech: Berubah Jadi Honda CB Twin

 

 

ManiakMotor – Honda GL Max Neotech dan Honda CB Twin 125 masih satu rumpun. Kalau boleh dibilang masih kakak adiklah. Kan sama-sama Honda. GL Max terusan dari CB Series. Tapi kalau GL-Max diubah jadi CB-Twin, tentu modifikasinya banyak, termasuk ganti mesin. Supaya nggak ganti mesin segala dan mempersingkat urusan, bodi saja yang dimainkan.

Ini namanya modifikasi restorasi, hehe. Restorasinya mengembalikan sejarah CB Twin. Sedang modifikasi kayaknya nggak ada deh, lha sasis tetap utuh, hanya memainkan suku cadang. Sasis dan mesin masih tetap GL Max Neotech keluaran 2002. Ah anggap saja tetap modif.

Si pemilik ingin GL Max-nya jadi CB Twin, walau tak bisa semuanya yang penting diusahakan sebisanya. “Saya memang suka CB Twin. Tampangnya dari dulu sampai sekarang enak dilihat. Klasiknya memang asyik,”  ujar Yudanto si pemilik motor yang masih anak muda tersebut.

Yudanto mengaku mengerjakan motornya di bengkel Kang Asep Custom Motor Classic. Bengkel ini di kawasan Pondok Kacang, Ciledug, Tengerang, Banten. Katanya, Kang Asep yang wajahnya kasep itu, sudah biasa pegang semua keluaran CB yang memang lagi naik daun di Jakarta dan sekitarnya. Pokoknya CB lagi diburu saat ini. “Makanya ini motor saya pakai harian, bukan pajangan,” tambah Yudanto.

Keren memang sih, gaya retronya. Apalagi ciri CB Twin pada tangki dan segitiga tutup aki. Di situlah kunci klasiknya, tentu tak mengabaikan spakbor, lampu belakang yang kotak dan di tengah bulat. Termasuk spidometernya yang bulat-bulat. 

Untuk lampu ‘pesek’ depan, motor ini pakai orisinal Honda CB sedangkan untuk lampu belakang menggunakan variasi CB Twin. Dan untuk lampu sein motor ini menggunakan CB. “Sebagian lampu ini sudah variasi, tapi bentuknya asli CB Twin,” tutur Yudanto.

Kaki-kaki yang depan pakai sokbreker teleskopik panjang dari Yamaha Byson. Sokbreker ini katanya punya diameter yang lumayan bikin penampilan oke. Sedang sokbreker stereo belakang menggunakan Honda Mega Pro. Lengan ayunnya masih bawaan GL MaxPrat

BACA JUGA

Modifikasi Honda Karisma Jadi Kawasaki KLX150, Bebek Jadi Trail

Modifikasi Yamaha RX-Z Dragbike, Pake Jurus Diet Sikat 7,5 detik, Sport Tu 140 cc

Modifikasi Suzuki GSX-R750 (G): Vintage Klasik, Buatan Jagakarsa

Modifikasi Jupiter 130 MBKW2 Drag Bike: Klep CRF250 Titanium, CDI Rextor Prodrag2, 8,2 Detik

 Modifikasi Yamaha Scorpio Z: Maunya RC213V Marquez, Hasilnya Malah Ducati

DATA MODIF:

Motor: Honda GL MAX NeoTech 2002

Pemilik: Yudanto Eko

Konsep: Honda CB Twin

Rangka: Standar

Swingarm: Standar

Body: Fullset Honda CB Twin + Emblem

Tangki: Custom Honda CB Twin

Setang: Honda Tiger Revo

Lampu: Depan Variasi Honda CB, Belakang Variasi Honda CB Twin

Sepakbor: Depan dan Belakang Variasi Honda CB

Sokbreker: Depan Yamaha Byson, Belakang Honda Mega Pro

Velg: Cham Jari-jari  Depan 2.50 dan Belakang 3.50

Ban: Depan IRC 110/70 , Belakang IRC 130/70

 

 

 

 

BAGIKAN