nhk

Modifikasi Honda Karisma 2014 (Tangerang): Dibonsai Jadi Monkey, Mau Dijual Rp 12 Jeti

 

ManiakMotor – Istilahnya memang bebek dibonsai. Honda Karisma yang dibikin kordil alias diperkecil maka tampilannya seperti di foto itu. Aslinya bebek jadi sport yang kontet. Umumnya disebut monkey, tapi bukan kamu yang monkey, hehe. Bedalah dengan mini moto yang garuk tanah, ini buat yang jalanan mulus-mulus. Kini sudah menggunakan back bone yang aslinya sebenarnya tulang underbone dipermak pendek dan dibikin dudukan tangki ala motor laki.

Pemiliknya bernama Robby Ganie yang mengaku rangka asli Karisma hanya dipotong-potong. Ya tentu dibentuk ulang dengan pertukangan modifikasi sesuai tujuannya awal sebagai motor monkey. “Rangkanya dilas menggunakan argon. Jadi lebih halus,” jelas Robby yang sehari-harinya berada di pabrik knalpot No-Bi, karena dia karyawan di sana.

Robby juga dalam system pengelasan modifikasi rangka memanfaatkan las-lasan di pabrik knalpotnya yang canggih. Ya macam las argon itu. Perhatikan saja, sambungan-sambungan rangka seperti pengelasan pabrik motor benaran. Bukan hanya apik, tapi juga rapi jali pada semua detil bagian motor.

Bahkan itu setang dari pipa knalpot yang dibentuk oleh mesin rol pipa semi robot untuk knalpot. Canggih kan. Itu mesin rol pakai perintah dari komputer, bro. “Kalau dudukan setang (raiser) tetap ke tukang bubut, karena disesuikan dengan segitiga atas pada komstir,” tambah Robby sembari memperlihatkan BPKB dan STNK asli Karisma keluaran 2004, tapi dimodifikasi 2014, hehe.

Apalagi segitiga pemegang sokbreker memang khusus. Kan pakai fork depan yang terbalik alias up-side down. Tapi ini bukan bikinan Ohlins Indonesia, hehe. Itu suspensi didapat di Kebun Jeruk III, Jakarta Kota alias up-side down variasi. Lumayan membantu penampilan depan yang semakin cebol. Sedang sokbreker belakang juga variasi yang panjangnya 270 mm.

Roda depan-belakang adalah rekayasa dari pelek Vespa yang dibelah-belah jadilah lingkar pelek 10 inci. Ya memang tujuannya lingkar segitu. Lalu diberi ban IRC 120/70-10 pada depan dan belakang. Tapi ngomong-ngomong motor ini mau dijual Rp 12 jeti. Kalau naksir silakan kontek pin BB 2B48A319 atau HP 085890534799 atas nama pemiliknya. Rzk

BACA JUGA

Modifikasi Yamaha MX Cornering (Jogja): Suspensi Ohlins, Power 30 DK Korekan Pele

Modifikasi Ninja 150 TU (Pasuruan): Power Dulu Baru Rasio, Tembus 7,1 Detik!

Modifikasi Satria FU Drag Bike; Baru Bikin, Kedua Digeber Chodox Di Senayan, 7,3 Detik Bebek 200!

Modifikasi Ninja 250 RR Mono Manual Tech, Cangkok ECU Rextor RS1

 

 

 

BAGIKAN