nhk

Modifikasi Honda Karisma Jadi Kawasaki KLX150, Bebek Jadi Trail

 

ManiakMotor – Masalah modifikasi mah enteng buat Tauco Custom. Bahkan ganti merek dan DNA pun dilakukan dengan mudah. Tuh Honda Karisma diubah jadi Kawasaki KLX, hehe. Bebek dibikin jadi laki. Motor doyan aspal dibikin jadi seolah garang mencakar tanah…

Disebut ‘seolah’, lantaran belum dicoba langsung di medan yang sebenarnya bos. “Wah saya asli mantan pemain grasstrack. Ini motor juga akan dipakai buat trabas dan adventure selagi waktu senggang. Jangan lihat asal mesinnya dong,” jelas Hapyy pria berumur 46 tahun yang juga asli orang pribumi Cilandak, Jakarta Selatan, pemilik bebek Honda Karisma nya menjadi motor Trail.

Apalagi yang mengerjakan tampangnya Topo Goedel Atmodjo bos sekaligus builder Tauco. Justru karena dia jadi ragu soal kemampuan motornya, hehe, becanda Po. Topo kali ini bukan disuruh main tipu-tipu penampilan, tapi motor benaran yang dimodifikasi sesuai fungsinya. Yang gunanya buat garuk-garuk tanah, kendati mesinnya dari Honda Karisma..

“Ei… kamu kalau nulis tahu dasar rangka dan mesin motor ya. Saya kasih tahu ya, justru dengan mesin bebek 110 cc dan 4-tak pula, lebih mudah dikendalikan oleh pemula di trabas. Kamu yang bawa motornnya, bukan motornya yang bawa kamu. Seperti itu konsep modifikasi motor ini,” jawab Topo yang kali ini jawabannya sangat mengerti soal motor trail.

Dilihat dengan kasat mata mas bro dan mbak sis, juga tahu kan tuh foto motornya memang bener Trail. Bodi ramping, sasis yang ringkas, sokbroker tinggi, roda depan diameternya besar dibanding belakang yang bikin ground clearannce menjauh dari tanah. Lalu ban tahu yang bergerigi.

Rangka motor semua bagian dicustom, jelas saja motor bebek diubah menjadi motor trail, kok. Rangka kebanyakan menggunakan pipa diameter ¾ inci.  Dari rangka utama sampai sub-frame pakai pipa bikinan. Maklum, rangkanya rekayasa dewek dari si Topo. Pokoknya rangka dikarang-karang hingga jadi trail, hehe. Patokannya pada komstir dan lengan ayun KLX150.

Bodi dilapisi cat warna dengan corak hijau dan putih ditambah dengan stiker dan emblem berlogokan tauco custom. Singkatnya, catnya meniru KLX150. “Sebagian bodi juga pakai KLX. Lalu digabung dengan keahlian Tauco lewat bodi pelat galvanis dengan ketebalan 0,8 mm,” tambah Topo dari markasnya di Jagakarsa, Jakarta Selatan ini.

Seperti itulah spesifikasi motor trail Honda Karisma KLX150 ini, moga jadi inspirasi dan bermanfaat buat mas bro dan mbak sis. Prat

Spesifikasi Motor

Mesin: Honda Karisma

Pemilik: Hapyy

Konsep: Motor Trail

Bodi: Depan belakang KLX, Tengah Custom Plat galvanis 0,8 mm

Setang: Suzuki TS

Rangka: Pipa skejule diamter pipa ¾ inc

Tangki: Custom kapasitas 5 liter

Jok: Custom Trail

Swingarm: Standar KLX

Sock depan: Variasi KLX UpSideDown

Sock belakang: Mono Sock Suzuki Satria 2T

Velg: Depan 19, Belakang 16

Cakram: Depan standar, Belakang Satria FU

Tromol: Depan dan Belakang Satria FU

Ban: Swalow Depan 19, Swalow Belakang 16

 

BAGIKAN