nhk

Modifikasi Honda PCX150 2013, ‘Mage’ Air Suspension Rp 15 Juta

 


ManiakMotor – Air suspension depan-belakang bukan sokbreker yang tadinya diisi oli lalu diganti air minum. Air di sini adalah udara, suspensi yang dikendalikan tekanan angin. Ordernya langsung ke Amrik alias Amerika, harganya sih bisa beli satu unit motor bebek, coba baca judul di atas, ada harganya kan? Itu salah satu untuk mendapatkan tampilan Honda PCX150 menjadi ‘mage’ alias matik gede, kan biasanya moge atawa motor gede.

Suspensi itu yang dikendalikan tabung udara berkekuatan 100 psi yang ditaruh di bagasi. Memasangnya harus lewat pengetahuan kosnturksi untuk jarak main suspensi. Apalagi sistem suspensinya bukan bag tetapi stut atau ditonjok.

“Dihitung dengan sigmat dapatnya 99 mm untuk belakang dan depan 66 mm.  Jarak main ini menjadi perhitungan pemasangan kaki dan mundurnya mesin,” kata kata Ariawan Wijaya, pemodifnya dari Baru Motor Sport (BMS), di Palmerah, Jakarta Barat.

Yang dikalkulasi duluan ground clearance (jarak terndah dari tanah). Tujuannya untuk menghindari pakem low rider yang sudah mulai usang.  Kendati dengan air suspension yang low dan tinggi bisa disetel dari tekanan angin oleh pemilik, bukan sampeyan. Kalau sampeyan cukup baca dan lihat foto saja. Mesin beserta isi-isinya mundur 15 cm yang dipotong di dekat monting mesin. Ya, harus disambung ulang dengan  pipa holo tebal 8 mm. Ketebalan segitu jaminan kuat, dan sudah dites berjalan normal.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Ceritanya sembari dikerjakan dengan jurus tukang menukang,  pipa holo ini ‘dibungkus’ ulang dengan pipa bulat diameter 8 inci. Pada tahap ini sudah bisa mulai menentukan lebar pelek dan besarnya roda. Supaya poros roda tetap diporosnya alias center. Kalau nggak di porosnya, itu roda belum terpasang. Pakai pelek model memutar yang sering disebut spinner wheel. Penampilan setara kelas motornya yang matik premium. Semuanya, termasuk pemasangan asesori Rizoma yang masuk kategori high class.

Dari hitung-hitungan tadi baru merancang  dudukan sok bagian atas pada rangka yang diputar. Bukan pakai tangan kosong memutarnya, tetapi potong dulu pakai gerinda dan posisinya dibalik sesuai mundurnya dudukan dua sokbreker belakang. Sedang depan satu paket bersama segitiga dudukannya. BMS tinggal menyesuaikan as komstir PCX yang menjadi pekerjaan sehari-hari para pemodifikasi.

Mengaktifkan generator pengisi kompresor disuntik setrum aki lithium 18 Ampere, mereknya Shorai. Aki ini jga menyuplai daya lampu LEDdikolong mesin, dan head lamp HID. Aki Itu lebih dari cukup yang dulu pernah ditulis portal ini, loh. Asli aki PCX hanya 5 Ampere. Malah Shorai  mampu mengaktifkan air suspension dalam 20 detik sejak on.

Penataan selang-selang udara suspensi lumayan rapi, lantaran aslinya PCX punya dudukan jok yang luas membuat bagasainya lega. Kompresor berikut antek-anteknya air suspension muat di situ. Sakelar pengatur naik turunnya suspensi pada konsol sebelah kiri. Indikator tekanan angin tepat di bawah konsol, ini nyaman dan pengoperasiannya mudah dilihat.

Makin nyaman dengan jok custom mirip kursi direktur yang empuk. Soal bodi, cukup dengan penutup windshield dari bahan fiber. Ini untuk menyeimbangkan dengan lampu angel eyes, sudutnya pas dan khas modifikasi masa kini. Adib

BACA JUGA

Modifikasi New Mega Pro 2013; Garuk Tanah Tahan Banting

Kontes Modifikasi Senayan 2013; Persaingan Sport Bike Ketat

Modifikasi Kawasaki Nnja 150 RR 2013; Racing Look..!

Modifikasi Yamaha Scorpio 2013 (Jakarta); Modalnya Hanya Dari Kawat 8 mm

Modifikasi Honda Verza 2013, Versi Trail Militer Dari AHM

 

Data Modifikasi 
Ban depan: Corsa 100/80-14
Ban belakang: Corsa 150/60-14
Pelek: 4.00 – 5.00 inch
Spinner: Custom BMS
Caliper depan: KTC 4 Piston
Caliper belakang: KTC 1 Piston
Knalpot: Custom
Filter: Custom
Air suspension: WP Series
Jok: Custom MB Tech
Hand grip: Rizoma
Spion: Rizoma
Tabung rem: Rizoma
Handle rem: KTC
Lighting: 9 Power
BMS: Jl. Palmerah Barat No. 25, Kebon Jeruk, Jakarta Barat
Telp: 021-92925551 / 081915113717 / pin bb 32555bb3

BAGIKAN