nhk

Modifikasi Honda Supra X125: Tampang DAn Parts Standar 16 Dk, Juara Cornering

 

 

ManiakMotor – Komunitas Cornering Yogyakarta kian ramai. Bahkan beberapa kali mengadakan Fun Race. Salah satu yang menjadi bintangnya adalah Honda Supra X 125 milik bengkel DRJ, di Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta. Motor ini dijoki sendiri oleh sang mekanik. Hasilnya sudah bisa ditebaklah, sering dapat piala.

Spesifikasinya kohar! Piston saja pakai standar Karisma yang model cekung, jadi kompresi enggak bisa dibikin tinggi. “Perbandingannya tidak sampai 11:1, tapi cukup cabut-cabutnya. Malah lebih dari cukup untuk kohar,” tutur Darojat sang mekanik sembari bilang motor ini dipakai pemiliknya sehari-hari.

Tetapi do’i dah lama belajar, termasuk di Tepepa ketika mekanik senior Gandhos berjaya. Katanya kompresi tinggi bukan segalanya. “Mekanisme katup dibikin seringan mungkin, papas klep supertipis termasuk rocker armnya,” lanjut pria asli Kudus itu.

Lewat valve train enteng, per klep bisa pakai yang empuk. Singkatnya efisiensi mekanis ditingkatkan. Tips ini sudah pernah nongol lho di maniakmotor. Cek ya? Ya, ngeceknya ada di bawah tuh, linknya sudah tersedia tinggal diklik, mudah-mudahan jadi elmu.

Hasilnya, lewat angkatan klep 8 mm dengan klep standar, dan durasi kem di 270-an mesin ini mampu mencetak 16 dk dan torsi 12 Nm. Spesifikasi ini termasuk sangat bagus untuk  kohar yang mendekati MP5. “Beban mekanis enteng membuat mesin tahan digeber puluhan kali memutari stadion Maguwoharjo,” sebut Darojat.

 Kenyamanan memelintir gas, butuh torsi cukup untuk keluar tikungan. “Saya terbantu sama knalpot berkatalis,” tutupnya. Wah.. jangan sampai kelewat ya ulasan knalpotnya, tapi nanti tunggu tanggal mainnya. Kyai Pradah

BACA JUGA

Modifikasi Honda Supra X 125 Dragbike (Nganjuk): Dapat 8,413 detik Bebek TU 130 Cc

Tips Motor; CFM Efisiensi Mekanis Pada Korek Mesin Balap

Drag Bike 2014; Efisiensi Volumetrik Vs Mekanis Dari Material Klep..!

Modifikasi Suzuki FU Drag Bike (Yogyakarta): FU 155 Rangka Standar 8,4 Detik, Pemborong Piala

Modifikasi Yamaha R25; Maskot Club, Belum Ekstrem

BAGIKAN