nhk

Modifikasi Honda Tiger 2000, Street Fighter Eropa Dari Ciamis

 

ManiakMotor – Oleh pemodifikasi, tampilan motor ini disebut Street Europe Style (SES) alias street fighter gaya Eropa. Alasannya sih gampang ditebak, lihat saja model buntut yang egois nan individualis itu. Kalau boleh disebut sih, Tiger Buntung habis. Sub frame saja, tinggal sebagian yang digunakan.

“Khusus SES gaya buntut tidak lancip dan tajam, tapi dibuat tegak lurus dengan bagian belakang yang rata. Ini cuma memainkan pipa dan fiberglass,” buka Falmi Fajri, pemilik sekaligus modifikator dari Stret Garage 88  yang asli Ciamis, Jabar itu.

Ya, itu sih memang pendapat pemilik brosis. Sampeyan beda argumen sih boleh-boleh saja. Pastinya, Falmi mengawali itu dari sketsa yang dicoret-coret di atas kertas.

Lantas dibikin rangka yang pura-pura tubular di bawah tangki yang dirol. Tapi ngerolnya tidak seperti menggulung rambut, bro. Itu rangkaian pipa-pipa yang diikat dari komstir yang digergaji, digerinda dan dilas, rangkanya sendiri masih asli Tiger 2000.

Istimewanya di atas rangka yang ‘tunggang-langgang’ ini, terjadi tipislisasi. Tangki bahan bakar yang tadinya bisa diisi banyak, sekarang berkurang setengahnya. Karena itu tadi, mengejar tampilan jagoan jalanan dari Eropa tembus ke Ciamis. Bahkan, dompet pengendara pun bisa tipis di jok tunggal ini. Kenapa? Ya, karena alas jok-nya sangat tipis. Dompet di saku celana belakang jika duduk di situ terus, lama-lama tergencet dan akhirnya tipis kan, hehe.      

Falmi jumpa portal ini saat di gelaran Banjar Otomotif Parti 9 (BOP), Jateng, baru lalu. Lantas ia bercerita proses bikin buntut yang sangat buntut itu, buntut sekali. Katanya, ditopang pipa besi ¼ inci lewat proses las listrik mulai dari sub frame yang sudah dikurang-kurangi tadi. Rangka paling belakang ditekuk naik  membentuk sudut.

Ya, begitu cerita singkat si buntut, tapi toh proses terus berlanjut seperti mendesain sepatbor, air scoop, tangki dan batok lampu yang sangar. Bahannya sih masih serat kaca alias fiberglass dengan konsep serasi dan harmonis. Makin harmonis dengan kaki-kaki yang tak boleh dipandang enteng. Justru sikil  ini yang bikin tambah istimewa.

Mulai dari sok depan model upside down yang bikin gagah tampilan dan redaman. Juga monosok dan lengan ayun yang kekar. Masih ditambah pelek dan ban yang gambot-gambot, makanya jadi percaya alirannya SSE. Komposisi warna juga khas moge di Eropa sana tapi bisa dilihat di Ciamis, hebat kan. Ardel 

BACA JUGA

Modifikasi Honda Karisma 125 Drag Bike; Kombinasi Kem-Rasio 8,097 Detik, Bebek 4-Tak 130 cc Tune-Up!

Modifikasi Yamaha Vega dan Honda Vario; Jurusnya Sama Street Racing

Modifikasi Yamaha Crypton Drag Bike; 26,7 Dk Dapat 7,959 Detik Bebek 4-Tak 130 cc Tune-Up!

Modifikasi Kawasaki D-Tracker 2013, Kaki-Kaki Fungsi Dan Tampang

Modifikasi Yamaha R25 Di Mata Builder, Upside Down Dan Lengan Ayun R6

 

DATA MODIFIKASI

Pelek depan              : Aprilia

Pelek belakang          : CBR 1000

Body                        : Full Custom

Ban depan                : Bridgestone 110/70-17

Ban belakang            : Bridgestone 190/50-17

Lampu depan            : Custom

 

MODIFIKATOR

STREET GARAGE 88

Jl. H. Hasan, No. 41, Ciamis, Jawa Barat.

 

 

BAGIKAN