nhk

Modifikasi Honda Tiger 2014, Bobber Besar-Besar

 

ManiakMotor – Konsepnya bernama Bobber, semua serba besar. Dari mulai ban besar sampai kenalpot pun bersuara besar, yakinlah pemiliknya pun memiliki dompet yang besar, dan isinya pun uang besar. Motor yang memang butuh modal besar dengan hasil yang memang patut di besar-besarkan dari bengkel modifikasi besar BMS (Baru Motor Sport) di Jl. Palmerah Barat, No 25, Jakarta Barat.

Bahannya dari Honda Tiger keluaran 2000, tapi dimodifikasinya 2014. Zaman dulu, ya dulu, sebelum rame 250 cc, Tiger memang salah satu basis yang besar. Maka pemiliknya bernama Halim, tapi nggak pake Kusuma bandara besar era dulu itu, merasa motornya yang besar sekalian dibesarkan.

Ia membawa ke BMS tadi untuk dirusak lalu diperbaiki kembali yang namanya modifikasi besar. Bila tampilannya seperti difoto sih, tiada ampun buat rangka aslinya, rangkanya harus diperbesar untuk menahan roda-roda besar.  “Modifikasi rangkanya lumayan besar, 90 persen fokus ke sasis,” bilang Ariawan Wijaya, bos BMS.

Seperti prosedur standar, sebesar-besarnya modifikasi yang sering disisakan komstir. Hehe, karena di situ ada nomoor rangka sebagai identitas motor. Juga di situ sudut rake sebagai poros rangka berada. Dari sini juga konsep modifikasi sering berawal.

BMS memang seperti membuat rangka baru dari pipa seamless ¾ inci. Fungsinya sebagai rangka utamamain frame. Termasuk kalkulasi rangka backbone yang harus rada rata ke belakang sesuai konsepnya. Rangka menuju lengan ayun sudah dihitung untuk menahan lengan ayun lebar, lantaran rodanya yang lebar atau besar.

Dari asli Tiger, lengan ayun yang ‘sederhana’ itu lebih lebar 20 mm yang bahannya dari pipa seamless ¾ inci.  Tinggal atur bos as, karena as roda pakai yang besar. Bos ini penentu senternya roda.

Depan sama saja. Wilayah komstir harus kuat. Nantinya akan pegang segitiga yang tebal dan lebar sesuai rodanya. Kendati segitiganya hanya pegang suspensii Yamaha Byson. Tuh segitiganya dari pelat yang tebalnya 30 mm. Juga lebih lebar 20 mm dari asli Tiger. “Yang penting pengelasannya halus, pasti kuat. Saya yang ngelas kok,” jelas Wanto, mekanik modifikasi ABS.

Kolo bodi lihat saja fotonya deh. Tak perlu diceritakan warna dan sebagainya, karena sampeyan bukan buta warna. Yang jelas pakai plat galvanis 0,8 mm. Ghalib

BACA JUGA

Modifikasi Jupiter Z 130 cc Drag Bike; 25 Dk From Sidoarjo, Pakai Knalpot WRX!

Modifikasi V-Ixion 2014; Konsepnya YZF-M1 Di MotoGP

Modifikasi Ninja 150 Drag Bike; Karbu Standar Reamer Digas Joki Pemula, Sport 2T 155 Rangka Standar!

Modifikasi Ninja 150 Drag Bike; Start Gigi Dua Jawara Jawa, Sport 2-Tak 155 cc TU!

 

 

 

Honda Tiger 2000
Pemilik : Halim Usman
Tangki : Custom Plat
Rangka Belakang : Custom Pipa Sameless
Jok Belakang : Custom
Swing Arm : Custom
Stang : Custom
Shock Depan : Yamaha Byson
Shock Belakang : Custom
Segitiga : Custom
Velg Depan : 3.5×16 custom
Velg Belakang : 4.5×16 custom
Ban Depan : Shinko 500-16
Ban Belakang : Shinko 500-16
Custom Paint Glitter

 

 

BAGIKAN