nhk

Modifikasi Honda Tiger Revo (Jakarta): Benar Tuh Ducati..!

ManiakMotor – Ini benar-benar Ducati. Asli Ducati Tiger yang kalau disingkat Ducati juga kan. Bahannya dari Honda Tiger Revo yang direkayasa jadi tampang Ducati Monster 696. Tidak mungkin dibilang dibikin rasa Monster 696. DNA teknologi rangka, suspensi sampai mesin kan beda. Jadinya hanya mengikuti tampang, ya lewat pertukangan modifikasi.

Untuk jadi persis Ducati, harus punya nasib baik. Nasibnya pada pemodifikasinya yang pernah memperbaiki tampang Monster 696 asli.  “Sasis, tangki, cover, lengan ayun dan semuanya menyangkut tampang, saya copy dari aslinya. Tinggal menyesuaikan dengan dimensi Tiger yang punya rangka dan mesin yang pasti jauh lebih kecil dari 696,”  kata insinyur pemodifnya, Wardoyo dari Gandul 2Wheels Custom (G2C), di Kawasan Gandul, Cinere, Depok.

Wah sekelas Wardoyo dengan dewi fortunanya, sasis utama Tiger tetap utuh, hanya sub frame diformat ulang dengan pipa holo 2×2 cm. Rangka silver dari holo itu, mirip betul rangka 696 yang almu. Rangka kotak tersebut  jadi poros pipa-pipa tubular. Itu lho, rangka di bawah jok yang sekalian jadi dudukan jok.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Jangan tertipu sodara-sodara. Itu hanya rangka tepu-tepu, makanya jangan tertipu. Itu beruba kondom dari bahan serat kaca (fiber). Tapi justu kunci detil dan harmonisasi modifnya dari sini. Perannya penting, satu sinkron dengan trellis frame, dua dengan footstep, tiga karena menggandeng kenalpot. Eh sekadar info, kalau rumah pijakan itu aslinya Tiger. Entahlah Ducati meniru Tiger atau sebaliknya, namanya juga Ducati alias Ducati Tiger. Rapi memang.

Susah-suah amat, hehe. Maksudnya telepon saja Wardoyo dan tanya-tanya jurus modifnya. Kan pria asal Sragen, Jawa Tengah ini punya cetakan master.  Kalau mau seperti ini dengan mudah dan langsung jadi, tinggal bayar ongkos modifnya. “Kurang lebih  biaya modif ini Rp 25 Juta. BIsa saja naik, kalau bahan-bahan baku modif ikutan naik dengan uang Amerika yang mahal,” tambah Wardoyo, sembari bilang pemiliknya bernama Mohammad Amri.

Tangki bahan bakar lain ceritanya, lain pula bahannya, tetapi tetap cetakan asli Ducati. Materialnya dari pelat galvanis 0,8 mm, anti karat. Pantas difoto hujan-hujanan tidak masalah, tetap Ducati. Prosesnya dipalu, digerinda, digunting, tapi nggak main tendang, hehe. Panduannya dari kertas karton. Artinya karton itu yang harganya mahal karena sebagai mal. Termasuk radiator bo’ongan seperti asli 696. Pokoknya gak kurang gak lebih.

Rangka dari pipa jeruji diameter 1 inci. Ini dibeli dari toko material bentuknya tegang-tegang. Supaya jadi lemas untuk ditikung-tikung macam rangka tubular Ducati, nggak butuh lotion, tapi api  las karbit dengan tembakan atau mata las nomor 4 merek Gloor. Itu disebut teknik debus, eh salah, cara menekuk pipa. Pipa-pipa ini dirangkai dari komstir dan dudukannya pelat 14 mm.

Jadi, ya belum. As komstir berikut sokbreker upside down dibawa dulu ke bengkel bubut, iya sudah paham soal yang ini. Lampu depannya saja deh. Oh iya, itu pakai lampu utama Honda Scoopy. Menuju persis tampilan 696 walau pun tidak persis. Hanya rumah lampunya yang dibikin persis-persis saja. Makin mirip tuh dengan spidometer punya Suzuki satria FU. Adib

BACA JUGA

Modifikasi Yamaha RX-King (Jakarta), Café Racer Penggemar Berat The Doctor, King of King

Modifikasi Yamaha Mio Drag Bike, CFM Yang Rapi Dapat 7,605 Detik, Matik 200 cc!

Modifikasi Suzuki Satria 120R (Jakarta); Tampang Grasstrack, Tapi Buat Harian

Modifikasi Kawasaki Z250 2013 (Jakarta); Pro-Arm Ducati 848..!

Modifikasi Honda Win; Dibikin Triumph Mini

Data Modifikasi

 

Ban depan                         : Bridgestone 120/60-17

 

Ban belakang                     : Bridgestone 160/60-17

 

Pelek                                 : RGV 3,5 inch – 4,5

 

Setang                              : Fatbar

 

Hand grip                          : Asesori

 

Lampu belakang               : Asesori

 

Upside down                     : Aprilia RS 125

 

Monosok                          : Suzuki GSX 750

 

Swing Arm                        : Custom G2C

 

Jok                                   : Custom G2C

 

Knalpot                             : Custom G2C

 

G2C                                 : Jl. Raya Gandul, Krukut, Ambara, Cinere, Depok

Telp                                : 081294972551 – 02136722183 – pin bb 304e7545

BAGIKAN