nhk

Modifikasi Honda Tiger: Street Fighter Yang Gahar Dari Rangkanya

 

Maniak motor – Konsep street fighter (SF) memang gak ada matinya di mata para pecinta modifikasi. Apalagi di Indonesia bahannya banyak. Macam yang tampil kali ini materialnya dari Honda Tiger. Tiger dari basisnya memang sudah cruiser. Rangkanya mendukung.

Tiger itu bisa dibikin gahar sesuai karakter street fighter. Tinggal tergantung modifikator memainkannya. Tentu dimainkan dengan kreasi sendiri. “Modifikasi konsep street fighter ampe udah jadi jati diri rumah modifikasi Dien’s Bike (DB),” ujar Hezzi Satria pemilik DB di Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Terobosan Hezzi pada Tiger ini menyulap rangka yang bulat seolah rangka benaran. Ya, mirip-mirip moge Eropa yang memang  bikin penampilan  yang wah. Padahal itu hanya fiberglass yang seperti rangka. Anggap saja rangka jadi-jadian. Karena rangka asli Tiger masih ada di bagian dalam tangki bahan bakar, hehe.   

Rangka ini dirangkai dari komstir. Rangka dari bagian komstir bawah diarahkan langsung ke bawah tangki. Itu rangka seolah menyatu sampai ke pijakan kaki. Sedang untuk komstir bagian atas, rangkanya seperti back bone.K atanya sih teknik ini untuk menutup ruang bawah tangki bahan bakar agar padat.  Rangka yang mirip Triumph T575I tersebut dicat perak. Cocok dengan cat bodi yang biru, mesin yang hitam, sokbreker depan kuning, dan pelek yang aluminium.    

Keahlian pertukangan yang tinggi, terutama memang pada kaki-kaki, entah itu depan dan belakang. Lihat saja di foto, ruwet bro. Tapi kalau sekelas Hezzi tentu mudah buat dirinya lantaran ala bisa karena biasa. “Yang penting ada alat dan bahan, kaki-kaki seperti ini mudah dipasang pada Tiger,” kekeh Hezzi.

Lengan ayun tunggal dari moge Ducati misalnya, tinggal permak rumah asli lengan ayun Tiger. Hezzi sudah mengerti patronnya soal pengelasannya. Kan sudah sering bikin, sehingga tetap fungsional alias bekerja sesuai lengan ayun. Lengan ini tentu sudah sekalian rodanya saat dibeli dari pasar limbah moge.  

Sama dengan suspensi depan yang up side down copotan dari Suzuki GSX R 600. Rekayasa utamanya pada komstir. Pemodifikasi menyesuaikan laher dan as pemegang segitiga. “Kalau yang begini sudah rutin untuk modifikasi street fighter. Langkah-langkahnya sudah ada, jadi lebih mudah,” tutup Hezzi.

Gampang kan. Prat

BACA JUGA

Modifikasi Honda GL Max Neotech: Berubah Jadi Honda CB Twin

Modifikasi Honda Karisma Jadi Kawasaki KLX150, Bebek Jadi Trail

Modifikasi Yamaha RX-Z Dragbike, Pake Jurus Diet Sikat 7,5 detik, Sport Tu 140 cc

Modifikasi Suzuki GSX-R750 (G): Vintage Klasik, Buatan Jagakarsa

Modifikasi Jupiter 130 MBKW2 Drag Bike: Klep CRF250 Titanium, CDI Rextor Prodrag2, 8,2 Detik

 

Data Modifikasi :        
         
Motor   : Honda Tiger Tahun 2010    
Pemilik   : Ferry Widjayanto     
Bengekel   : Dien’s Bike  (7582D93C)    
Konsep   : Street Fingter    
Body   : Fiber Glass 3mm     
Cat   : Base Coat Candy Blue by SpiesChecker    
Tangki   : Custom    
Jok   : Custom    
Setang   : Equinox Fatbar    
Spakbor   : Custom    
Knalpot   : Custom Stainless    
Lampu   : Depan Honda Revo + HID Projector MH1, Belakang LED
Rangka   : Triumph T575I     
Swingarm   : Ducati s4rs    
Sock   : Belakang Mono Sock Yamaha R6 , Depan USD GSX R 600
Velg   : Belakang MV Agusta F4i U-200, Depan MV Agusta F4i U-120
Ban   : Belakang Battlax BT s20 200/50, Depan Battlax s20 120/60
BAGIKAN