nhk

Modifikasi Honda Vario (Bandung): Back To Vintage Cafe Racer

 

ManiakMotor – Dinamika modifikasi ibarat pusing-pusing. Maksudnya berputar. Walaupun selalu mengalami perkembangan dan berkembang. Macam konsep vintage dari dulu sampai sekarang tetap vintage juga. Misalnya motor zaman sekarang dibikin vintage, wah terbalik, eh terputar, eh terpusing.

Seperti Honda Vario tahun 2012 milik Faizal Asrawi yang mengusung tema skutik cafe racer. Bahannya zaman sekarang, gayanya zaman dulu. Ada istimewanya, biasanya sport, tapi yang ini matik. Butuh modifikasi berat untuk itu. “Memang saya ingin tampil beda tapi unik,” ucap Faizal, pemilik motor.

Yang mengerjakan cafe racer skutik ini rumah modifikasi Motorpop Company di Jl.Sangkuriang Komplek Artileri Blok Canon No.8 Cimahi, Bandung. “Konsepnya memang kami yang menyarankan, karena jarang matik jadi cafe racer,” kompak Geri, Ponco, dan Regi yaitu tiga builder dari Motorpop.

Kolaborasi tiga builder, bila diceritakan urutan modifikasinya bakal banyak bangat. Ada tiga otak di situ. Sebanyak serat gelas buat bodi yang gambot. Yang jelas, cetak fiber cafe racer yang harus bikin big matic dulu. Bodi memang jadi kunci untuk menggiring hasil cafe racer.

Sama dengan kaki-kaki dengan pelek full custom yang hasilnya asyik dipelototi. Pelek diameter lingkar 14 inci dan lebar tapak 6 inci, ada di belakang. Agar pelek ini muat, harus menggeser CVT ke belakang yang bagian dari lengan ayun. Lengan ini digeser 15 cm. Caranya memotong lengan dekat dudukan mesin dan disambung ulang dengan pipa yang sama kuat. Sambungannya pake las bos.

Sedang depan pertukungan modifiksinya tak kalah berat. Harus mengganti isi komstir yang satu kesatuan dengan segitiga bawah. Nggak mungkin segitiga aslinya digunakan dengan pelek depan yang lebarnya 5 inci. “Pelek ini menggunakan tiga bagian pelat. Lapisan pelat terakhir sebagai teromol,” jelas Geri dan Ponco yang memang bagian kontruksi kaki-kaki.

Apalagi sokbrekernya yang seperti di foto itu. Eh jangan salah, itu suspensi sistem udara alias air suspension. “Suspensi ini murni custom, bahannya dari pipa dan as. Suspensi bisa naik turun, jadi motor tidak ceper melulu, tinggal pencet tombol di bagian dek tengah, suspensi akan meninggi. Tombolnya di dekat tabung udara suspensi,” tambah tiga builder Motorpop Company.

Memaksimalkan cover, tampilan CVT dibuat tampak besar. Prosesnya hanya dibungkus dengan pelat besi. Tapi ukirannya itu yang menggoda. Bikinnya memang pusing buat yang awam, bagi yang biasa, ya paling pening sikit. Trisya

BACA JUGA

Modifikasi Motor; Honda Vario Techno 125 Bandung; Robot Loh

Modifikasi Honda CB150R StreetFire 2014 (Jakarta); Jadi Trail Untuk Transportasi Tambang

Modifikasi Honda CB 175 Twin SS 1973 (Bandung): Kental Dengan Budaya

Modifikasi Honda PCX 125 (Bandung); Kelas Berat Dikerjakan Cepat Model Sangkuriang

Modifikasi Kawasaki Pulsar 200NS 2014 (Purwokerto): Gara-Gara Buntut!

DATA MODIFIKASI

Knalpot  : Custom

Pelek : Custom

Ban depan : Corsa 140

Ban belakang : Corsa 150

CVT : Custom

MODIFIKATOR  : Motorpop Company   

Jl.Sangkuriang Komplek Artileri Blok Canon No.8 Cimahi

Bandung. Telp 085860542777     

                

 

BAGIKAN