nhk

Modifikasi Jupiter Z Bien Racing, Jawara MP3 2016 Dengan Girboks Berat, Piston UMA

Modifikasi Jupiter Z MotoPrix

ManiakMotor – Jupiter Z dimodifikasi untuk balap bebek MP3 ini karakter girboksnya berat. Suzunan gigi resionya disebut aneh. Aneh menurut mekaniknya loh. Sehingga handling pembalap jadi lebih mudah. Motornya nggak liar walau joki yang masih status pemula MP3 sering kali keliru mengirim tenaga pada roda.

Modifikasi Jupiter Z motoprix
Wahyu in action dengan Jupiter Z Bien MP3

Itu dia Jupiter Z bermesin 5TP alias karburator dikebut Wahyu Nugraha. Serial motoprix (MP) masih sisakan dua seri, tapi gelar juara nasional MP3 (Bebek 125 cc Pemula) Jawa sudah di tangan Wahyu. Ini motor korekan Sanul dari tim Yamalube Bien Racing WHK 35 NHK FDR RRS ZZ.

Sanul pun lansung cerita racikan gigi rasio. Memang yang menggerakan rasio ya mesin, hehe. Tapi rasio salah satu kunciannya. “Rasio 1 yang biasanya 36:12 = 2.769 atau dibuat buat 37:14 = 2.642. Karakternya berat. Rider merasa lebih nyaman dan optimal dalam rolling speed. Handling saat masuk dan keluar tikungan lebih gapang dikendalikan,” terang Ikhsanul Hakim, akrab disapa Sanul selaku mekanik tim.

knalpot R9 balap motor
Knalpot R9, gir rantai SSS

Dengan rasio seperti itu motor terkontrol. Koreksinya juga mudah walau pembalap pemula agak kasar memelintir gas. Nyaman karena hitungan selanjutnya pada rasio menyesuaikan atau close. Hitungan selanjutnya silakan lihat DATA MODIFIKASI. Mamanya MP, kan kebanyakan di trek dadakan yang banyak pula memainkan gigi rendah sampai persneling 1.

Jupiter Z balap motor
Portingan juara

Perbandingan final gir katanya hanya naik-turun 1-2 mata dari angka 13-41. Itu pukul rata pada semua sirkuit. “Karena rasio sudah tersusun mantap. Kebetulan pembalap juga mulai memahami maunya motor. Saya mekanik tinggal seting-seting karbu,” tambah Sanul.

Berani memberatkan reduksi girboks, artinya mesin sudah mampu menghelanya. Kan nggak bakal berani si Sanil bila mesin loyo, girboks dibikin berat, ya makin nggak jalan. Yang ini berarti mesinnya kaya akan tenaga. Diakui Sanul tenaga penuhnya saat di dyno 18.6 hp pada 9000 rpm, sesuai peruntukannya untuk MP3.

Rey Ratukore (pelatih), Wahyu dan bos Bien
Rey Ratukore (pelatih), Wahyu dan bos Bien

Itu dengan kompresi ala pertamax yang sekarang oktannya sudah 98 yang disebut Pertamax Turbo.  Kompresinya 12,7:1 yang memungkinkan rpm bisa lebih tinggi. “Memang pergantian dari Pertamax Plus ke Pertamax Turbo menguntungkan balap motor, terutama mekanik. Dengan piston UMA Racing aman dari detonasi,” tutupnya

Ooo pantas bisa narik rasio berat. Ardel

 

SPESIFIKASI :

PISTON: UMA Racing

Durasui kem: 274o

KLEP: 28/23 mm

LIFT KLEP: 9,3 mm

Pengapian: BRT

Knalpot: R9

RASIO: 14-37 (1), 18-32 (2), 21-29 (3) dan 21-24 (4)

FINAL GEAR        : 13-41

Rantai dan Gir: SSS

Sok: Traxx D

Pelek: Racing Boy

Ban: FDR