nhk

Modifikasi Jupiter Z Drag Bike; Power By Rpm, Quick Shifter, 8 Detik Bebek 130 Cc

ManiakMotorBukan sesumbar, bila joki patuh pada ‘aturan pakai’, diprediksi  Jupiter Z Quick Shifter ini akan terus merajai Bebek 4-Tak Tune-Up 130 cc. Racikan motor ini dihitung cemat daya gedornya. Hasil tenaganganya ditrasfer perpindahan gigi cepat di lintasan drag bike.  

Padahal desainer mesin Jupie jos ini masih memakai tema lama untuk memancing tenaga. “Kalau balap sebisa mungkin power by rpm. Makin tinggi putaran mesin, diusahakan tenaga tambah besar,” jelas Mosik Priyonggo, si pedesain mesin dan sekaligus pemilik Omah Mburi Ong’s Racingfrom Muntilan, Jateng.

Onggosapaan akrabnya-menyebut torsi terbesar ada di kitiran 8.000 rpm. Pembalap minimal harus bisa bertahan pada putaran itu saat start. Hasil dyno membuktikan kalau konsep power sesuai  putaran mesin itu benar-benar terjadi. Kalau itu nggak terjadi, ya nggak juara, bro. Tenaga mesin nyaris flat sampai 15.000 rpm. Berarti efisiensi volumetrik mesin tetap ciamik pada kitiran topnya.

Keriting otak lho bikin mesin macam itu, tapi belum ngebul. Mau tahu trik raciknya, ada tuh dimaniakmotor.com soal hubungan efisiensi mekanis dan CFM CFM (Cubic Feet per Menit). Tapi tenang, otak yang keriting akan lurus kemabli, karena barusan dibikin tipsnya, ya klik saja kanal TIPS. Di sana dijelaskan detil kok. Kalau nggak mau repot-repot buka kanalnya, nih baca; Tips Motor; CFM Efisiensi Mekanis Pada Korek Mesin Balap.

Efisiensi volumetrik oke ditandai dari hasil flow bench. “Buat Jupiter harus di atas 60 CFM biar putaran atasnya ‘nembak’,” lanjut Onggo dengan logat khas Jateng. Caranya, mengganti klep standart (23/20) dengan klep EE diameter masuk 29 mm dan buang 24 mm, tentu juga diikuti pembesaran lubang saluran masuk dan buang (porting). 

Klep EE ini aslinya berukuran 31/25,5 mm. Katanya sih dibanding klep Sonic, harganya lebih murah dan kuat.  Diameter klepnya dikecilin  hingga angka tadi dan batang klep dipotong sesuai kebutuhan.  Untuk pemasangan klepnya Onggo pasrah ama tukang bubut, sampai penahan kukunya.

Penggunaan klep EE meminta posisi sudut kisaran 28o untuk masuk dan buang 31o. Dengan konstruksi begitu, luncuran bahan bakar disuplai karbu Keihin PWK28 dengan setting spuyer (128/65) langsung sasaran. Kan sasarannya adalah CFM. Dengan kombinasi ini hasil CFM yang disebut Onggo tadi berhasil.  

QUICK SHIFTER

Onggo benar-benar memikirkan karapan sapi.. waduh.. gara-gara daging sapi melambung tinggi jadi inget mulu tuh. Perpindahan persneling jadi sasaran utama, agar tenaga di atas tidak sia-sia. Maka digunakanlah quick shifter (QS). Hasilnya, Jhon Pells mampu mencetak 8,098 detik sekaligus podium pertama di event drag bike Semarang, Jateng baru lalu.

“Intinya dengan mesin high rpm, perpindahan gigi harus tepat,”jelas Onggo sambil sebut komponen utama QS ini yaitu modul QS, QS button (terpasang di link persnelling).  Lalu, untuk proses kerjanya yaitu modul QS mematikan sejenak pengapian pada CDI, saat itu digunakan untuk perpindahan gigi oleh joki. Nah soal QS ini juga ada tipsnya dan bahkan ada mereknya, ya adanya di kanalap TIPS juga brosist. Lengkap loh di maniakmotor.com.

Tanda (trigger) perpindahannya ditandai oleh button QS.  Dengan begitu, efek miss/gigi sulit pindah dapat tereleminasi. Katanya  QS ini bukan seperti di motor Hadi Wijaya terlebih dahulu. Ya, karena ini katanya, produk aftermarket Amerika, seharga 8 jutaan (plus launcher). 

Selain QS, juga dilengkapi launcher. Ini piranti yang biasa dipakai drag motor-motor NHRA. Part ini cuma bertugas saat start, untuk menyamakan antara start pembalap dengan menyeragamkan reaction time.  Jadi, kalo pembalap yang bawa ikut aturan pakai, mestinya time yang keluar tidak jauh beda dengan pembalap joinnya. Ardel

BACA JUGA

Modifikasi Honda Karisma Drag Bike; Bebek TU 200 CC, Kruk-As Standar

Modifikasi Ninja 150RR Drag Bike; Rasio Berat 7,2 Detik, Sport TU 2-Tak 155 CC

Modifikasi Yamaha Scorpio (Jambi), Kerangka Supermoto Dan Salah Swing Arm

Modifikasi Honda CB150R StreetFire 2013, Pakai Fairing, Hanya Rp 3 Juta..!

Modifikasi Jupiter Z1 Racing IndoPrix 2013; Buka-Bukaan Korekan Mesin, Pakai ECU YZF250

 

 

 

Data Modifikasi :

Motor: Jupiter Z 
Kelas: Bebek 4 Tak Tune Up 130 cc
Pembalap : Jhons Pells 
Kompresi :15.5:1  
Volume head: 8.9cc  
Piston (dome): 5mm  
Timing pengapian:40′  
LSA :105  
Durasi   Kem:280  
Klep : EE  
Per klep: Korea  
Diameter in-let dan bentuknya: 26 mm (bulat) 
Diameter out-let dan bentuknya: 23.5 mm (bentuk D)
Karbu    (merek) : Keihin PWK 28 sudco
Selongsong gas: YZ 85F  
Manifold: Nick’s Product 
Busi: NGK c7hvx 
Kruk as  :Jepang,FAG high speed c4
Pompa oli  :Asli  
Kopling :Asli  
Rasio     gigi-1: 14-34  
                Gigi-2: 16-28  
                Gigi-3: 18-24  
                Gigi-4 : 23-26                                   
CDI dan kurva-nya: Rextor prodrag 40’maksimum di 10. 000rpm
Kenalpot dan kelebihannya: Taher pro exhaust,high rpm pipe type
Sokbreker depan (seting): Nova Dash 
Sokbreker belakang (seting): Kitaco  
Cakram depan    : standard 
Rem belakang: standard 
Ban depan/belakang: Eat My Dust 50-70/ Eat My Dust 60-80
Pelek depan/belakang: Eexcel Takasago 17×120/17×160
Merek Gir/sproket/rantai : SSS  
Sasis dan modifnya : Ton’s Beton Framework

BAGIKAN