nhk

Modifikasi Jupiter-Z Drag Bike Surabaya; Kompresi Rendah Dapat 3 Podium 115 TU cc!

 

 

Maniakmotor – Kompresinya tidak setinggi umumnya drag bike, karena bahan bakar hanya pakai Pertamax Plus yang oktannya 95. Namun, ada jurus-jurus membuatnya tetap bertenaga saat start. Kan kelemahan kompresi rendah, torsi awal berkurang. Rpm memang lebih tinggi. Itulah Yamaha Jupiter-Z milik Tim Andyspeed Surabaya, Jatim.

Itu Jupie disegani di Bebek Tune-up 115 cc khususnya seputaran Jatim. Turun di event Kejurnas Dragbike seri-1 Pasuruan(02/03) Jatim lalu, Jupie motif biru-oranye ini sikat habis podium 1-3 lewat Jhon P (8,730 detik) diikuti Adi STuyul dan Ricko Bochel. Lho ada kejurnas ya, bukannya kejurnas itu yang dihelat Helmy Sungkar???? Kan event itu yang sering ditunggu pedrag papan atas, hehe. Becanda bro.

Kompresi 12,8:1, rendah untuk ukuran trek lurus. Rasio segitu cocoknya untuk road race yang butuh daya tahan. Modalnya piston Kawahara 52 mm dengan dome 2 mm. “Torsinya diakali dengan set-up mekanisme pelatuk klep model roller milik Honda Blade. Ini salah satunya,” jelas Louis Marcell, mantan pedrag yang beralih jadi mekanik.

Makanya bentuk benjolan noken-as juga ngikut asli Blade yang agak membulat. Tujuannya sedotan dan buang bahan bakar rata, termasuk bawahnya dapat. Durasi kem dibikin 276o pada bagian in dengan lift 9,5 mm dan 276o untuk out dengan lift 9,6mm.  

Bagi Louis komposisi tersebut lumayan mengangkat tenaga saat start, juga didukung setting akhir. Soal putaran tingginya, memang karakter kompresi rendah. Louis juga yakin, basis awal Jupiter-Z yang stroke-nya panjang kaya akan torsi yang membuatnya bikin kompresi rendah. Lagian pakai Pertamax Plus nggak ada kata bahan bakar salah beli. Kualitasnya sama di semua POM Bensin.  

Soal angka buka-tutup noken as dan lainnya tengok tuh DATA MODIFIKASI. Tulisan induk ini hanya intisarinya. Selain itu, bobot balance kopling dan magnet alias rotor dibikin ringan. Seperti awal cerita, itu ada hubunngan dengan kompresi. Magnet standarnya hanya dibubut hingga tertinggal 450 gram dan balancer kopling 400 gram. 

Termasuk gigi rasio yang diracik ulang setelah diuji berulang-ulang. Soal hitungannya ada juga di DATA MODIFIKASI. Rasio ini bisa terima power yang dibutuhkan untuk 201 meter. Hasilnya cukup buat bikin si bos Andy pemilik speedshop DTAS Surabaya ini tersenyum lebar. Ayo senyum sama-sama… biar sehat. Eiit hampir lupa cuma minta sorry nih, fotonya itu lho. Maklum kontrib. GS

BACA JUGA

Modifikasi Honda Tiger 2014, Bobber Besar-Besar

Modifikasi Jupiter Z 130 cc Drag Bike; 25 Dk From Sidoarjo, Pakai Knalpot WRX!

Modifikasi V-Ixion 2014; Konsepnya YZF-M1 Di MotoGP

Modifikasi Ninja 150 Drag Bike; Karbu Standar Reamer Digas Joki Pemula, Sport 2T 155 Rangka Standar!

Modifikasi Ninja 150 Drag Bike; Start Gigi Dua Jawara Jawa, Sport 2-Tak 155 cc TU!

 

BAGIKAN