nhk

Modifikasi Kawak Ninja 150 TU Drag Bike: 7.0 Detik Di Banjarnegara, Power Kuat Gigi-1 Yang Panjang!

 

 

 

ManiakMotor – Mudah dihandling sesuai aba-aba lampu start. Dibangun lewat modifikasi korekan mesin yang pas dengan rangkanya. Tentu saja sudah dikerjakan berulang-ulang alias ala bisa karena biasa mengorek mesin2-tak. Sudah banyak menelurkan motor kencang di kelasnya. Paham kombinasi porting masuk-buang dan bentuk kepala silinder bersama komponen penunjangnya. Jam terbang geetu, loh!

Seperti Kawasaki Ninja 150 lansiran 2007 ini yang kesekian kali dibikin AB Bendol dari ABRT di Salatiga. Mesin yang nyaman dibawa saat start yang jadi penentu di balap drag bike. “Sebab 90 persen juara di drag ada di area start,” jelas Bendol pada Ninja 155 yang dimodifikasi untuk kelas Sport 2 Tak Tune Up 155 cc.

Patokannya memang ukuran-ukuran lewat angka. Tapi rasa pisau korek yang dipegang Bendol juga bagian pentingnya. Apalagi Bendol ini mantan joki drag bike, dia tahu apa yang dimau. Baginya, bikin porting macam seni memahat. Contoh tinggi lubang buang yang digali sampai 28.5 mm dari bibir silinder yang aslinya 34 mm. Itu berarti  sudah tercukur 5,5 mm. Untuk yang awam, ini akan menggeser power band  ke tengah.  Nggak ada cerita pada 3.000 rpm mesin sudah enak.

Tapi kan elmu Bendol cukup untuk menutupi tinggi lubang buang yang harus ‘dikobok’ dengan kopling untuk dapat power ideal. Lagi pula di drag bike nggak ada tikungan untuk menahan rpm di atas 4.000, misalnya. Selain itu, di Sport TU 2T 155 sudah joki papan atas yang menunggangnya. Mereka mahir menempatkan putaran mesin yang tepat saat start. Makanya berani mencukur tinggi lubang buang 5.5 mm.

Kombinasi tinggi lubang buang berkaitan satu sama lain. Yang terdekat adalah knalpot. Desain dan volume pipa knalpot menentukan. “Selalu saya bilang, di mesin 2T knalpot perannya banyak. Karakter mesin bisa ditentukan dari sini,” tambah Bendol sembari berbisik soal ukuran-ukuran volume knalpot seperti diameter perut 41 mm,  diameter saringan 27,5 mm dan panjang silencer 28 cm.

Demikian juga dengan kubah kepala silinder yang pasti berkaitan dengan tinggi lubang buang. Perbandingan kompresi dibikin tinggi dengan volume kubah 13.8 cc. Silakan hitung sendiri kompresinya. Sampeyan sudah bisa hitung kompresi 2T kan. Tuh ada angka pastinya yang tinggi lubang buang 28.5 mm tadi sebagai pengganti stroke dalam hitungan kompresi 2T. Termasuk karakter kubah model mangkok bersama sudut squishnya yang angka-angkanya ada pada DATA MODIFIKASI.

Semua itu demi power yang kuat agar joki nyaman mengeksekusi start. Termasuk penggunaan karbu PWK41 yang jadi kegemaran Bendol dipasang pada Ninja TU 155. Alasannya, karbu ini punya tipikal mengangkat tenaga yang cepat dan cenderung kasar sejak awal. Artinya tinggi lubang buang yang dalam, lam, lam itu bisa dicover. Paling penting lagi jarum skep dan noselnya awet, setingan tidak mudah berubah setingannya.

Pendeknya dengan spek macam itu yang ditambah pengapian full set YZ85, bisa menghela gigi 1 yang tadinya 28/16 = 1.75, tapi dibikin lebih ringan sikit yakni 30/17 = 1.76. Semakin banyak hasilnya, kian ringan. Sebaliknya kian kecil pembagiannya kian berat. Yang hitungan 30/17 ini dipakai di event drag bike di Banjarnegara, Jateng 10 Januari 2016 yang hasilnya juara dengan time 7.070 detik.

Tapi yang di Banjarnegara itu Ninja yang berbeda alias punya Remaja Baru ABRT20. Kalau yang lagi diulas ini milik Nikmat Flores ABRT. Itu dia, Bendol sudah bisa meramu Ninja yang kualitasnya sama. “Reduksi gigi satunya memang panjang. Kalau panjang kan yang lain sudah pindah gigi, kita belum. Tapi mesin harus kuat menariknya,” sebut Bendol.

Kenyamanan handling juga dari konstruksi rangka. Katanya sih sudah pas dengan bobot joki 40-42 Kg. “Jadi tidak banyak menambah beban, posisi sudut mesin tetap, tak mengubah geometri mesin dan rangka dari pabriknya,” bilang Bendol seraya menyebut gir SSS dan pelek Excel Takasago yang jadi kaki-kakinya.

Wah, kalo yang ini produk jempolan brosist. Pantas rajin podium. Hehe..Ardel

BACA JUGA

Modifikasi Ninja Rangka Standart Drag Bike 2016: Tercepat di Sulawesi? Nih Rahasianya!

Modifikasi Satria 2T Drag Bike: 7,73 Detik Di Kelas Non Built Up 2T 130 cc, Power Besar Terkendali

Modifikasi Yamaha Mio; Aslinya Soul Jadi Fino, Konsep Street Racing, Fungsional

Modifikasi New Jupiter MX 150 Ala Road Race Kelas 150 4T, Karya Hoho Racing, Pakai UMA Racing

Modifikasi Kawasaki Ninja 150R: Konsep Thailook Drag Racing, Namanya Nining Aulia

  

 

 

Data Modifikasi :      
Motor : Kawasaki Ninja 150  
Kelas : Sport 2T 155 cc TU dan Super FFA  
Pembalap : Niko Sakau (Kudus)  
Best Time 7.005  
Nama Tim Nikmat Flores ABRT  
Sasis/Frame Custom  
Kepala Silinder :    
Squish : 15°  
Lebar squish : 9 mm  
Celah piston : 0,5 mm  
Bentuk Kubah : Mangkok  
Volume Kubah : 13, 8 cc  
Dipapas : 2,2 mm  
       
Silinder :    
Tinggi lubang buang : 28.5 mm  
Lebar lubang buang : 43 mm  
Tinggi lubang transfer : 41 mm  
Membran : V Force 3  
Piston (diameter x stroke) : Moto 1 (59 mm x 55.7  
Tebal paking : 1 mm  
Per kopling : Hand made  
Kopling : Original  
Rumah koling : Original  
Karburator : PWK 41 mm (165/70)  
Kenalpot+silencer : Creampie  
Bentuk leher :    
CDI : YZ 85  
Koil : YZ 85  
Timing pengapian : 10°  
Busi : NGK G Power  
Bahan Bakar+oli : 1:20  
Gigi Rasio : By Carloss Tech  
1                                                                               : 16/29 : 17/30  
2                                                                               : 20/28 : 19/25  
3                                                                               : 20/24 : 20/24  
4                                                                               : 22/23 : 22/23  
5                                                                               : standart : 23/23  
6                                                                               : standart : 22/24  
Final Gir : 14/38  
Rantai SSS  
Pelek  : Excel Takasago  
Ban : EMD (belakang) CST (depan)  
stabilizer steering :    
Disc brake depan : TDR  
  :    
Mekanik : AB Bendol  
Bengkel : Perum Pabelan Makmur E10 RT 05/02 Pabelan, Salatiga, Jateng
Hp : 085743233617  
       
BAGIKAN