nhk

Modifikasi Kawasaki KLX 250, Supermoto Punya

Modifikasi KLX250

ManiakMotor – Ini Modifikasi lama yang diungkit kembali. Malah sudah pernah dimuat di portal ini September 2012. Ya sederhana saja Kawasaki KLX250 ini jadi supermoto, hanya ganti ban tahu jadi ban donat. Lalu, hanya bermain tampilan yang wah dengan alat-alat garuk tanah bermerek.

Misalnya di sana ada  setang Renthal dan kenalpot kompetisi gabungan. Maksudnya, header atau leher kenalponya FMF dan peredan (silincer) menggunakan Arrow.

Ssssst…, tenang dulu. Nah, bila tanpa bushing pada rekayasa lengan ayun, ini motor mungkin belum bisa difoto. Perhatikan baik-baik lengan ayunnya yang kekar. Bushing pada as lengan ayun itu harus dibikin agar KLX 250 dibeli  2010 ini, tidak bakalan lari Anjing. Dengan bushing itu roda depan, mesin dan roda belakang tetap simetris alias senter.

Anjing kalau lari, dua kaki dapan tidak senter dengan kaki belakang. Makanya kalau ada mobil dan motor bekas tabrakan sering disebut laring anjing. Itu kalau sasisnya ‘kena’. Nah di modifikasi juga bisa terjadi bro. Bahaya buat pengendara sendiri, juga dianggap kegagalan karya. Maklum saja, legan ayun yang digunakan pada KLX250 memang bongsor.

Menurut rumah modifikasi Caos Custom Bike (CCB) pemodif KLX250 ini, pakai lengan ayun apa saja bebas. Tetapi, “Akan beda penampilannya bila menggunakan swing arm yang lebih berotot,” kata Lerry Rahmat Rizki, punggawa CCB yang bermarkas di Jl. Pancoran Barat 8, No. 6C, Jakarta Selatan.

Yang ini pakai lengan ayun Aprilia SXV. Wuiss, barang oke punya nih. Lengan ini tanpa mengubah dudukan asli. Cuma sedikit membelah sasis dan menambah bushing sebagai pengganjal tadi. Ukuran bushingnya  2.5 cm ditaruh di sebelah kanan dalam as lengan, agar lengan menggeser juga ke kanan.

Bahan bushing  dari dural.  Dural lebih enteng dari aluminium dan juga lebih kuat. Karakternya lebih lama aus, alot. Karena bushing ini pasti ikut bergerak sesuai ayunan lengan ayun. Namanya juga lengan ayun, ya, jadi ayunannya roda dan bushing ikut mengganjal gerak mainnya, berarti juga ikut bermain.   

Tapi, akibat bushing mendorong lengan ayun ke kanan, roda belakang juga harus ikut. Caranya, dibikin ganjalan 50 mm pada as roda bagian kiri. “Trik ini juga menjaga rantai jangan menggerus ban mas bro. Sekaligus kedua bushing itu mencegah lengan dan pelek bergerak,” jelas Lerry yang lagi sibuk riset mesin KLX 150.

Lumayan kan dapat ilmu bushing. ManiakMotor

 

 

Data Modifikasi

Ban depan                  : Pirelli 120/70-17

Ban belakang              : Pirelli 160/60-17

Pelek                         : Marchesini 3.50 dan 4.25 inchi

Silencer Knalpot          : Arrow

Leher Knalpot             : FMF

Lengan Ayun              : Aprilia SXV

Setang                       : Renthal

Selang radiator           : DRC

Footstep depan           : DRC

Segitiga atas               : Zeta

Raiser                        : Zeta

Cakram depan            : Brembo

Lampu belakang         : DRC

Baut dan ring             : Zeta

Jok                           : Custom

Spion                        : Variasi

CCB                          : 021-70089400 / 08170089400

BAGIKAN