nhk

Modifikasi Kawasaki Ninja 150R: Komokarap Ngarap Thailook Racing Drag

 

ManiakMotor –Jawara kontes, katanya! Bolak-balik ikut kontes ada aja piala yang diborong. Motornya Kawasaki Ninja R keluaran 2012 dipermak konsep Thailook Racing Drag Style. Kalau pakai bahasa kita komokarap alias korban motor karapan atawa drag bike. Maklum drag bike lagi ramai di Indonesia dan Thailand.

Yakinlah yang ini bukan cantik-cantikan lari kencang, karena bukan mesin yang dimodifikasi, tapi tampang saja. Tampilan mirip Ninja 150 kelas rangka standar di drag bike Indonesia, pembedanya yang ini pakai fairing. Rangkanya utuh nggak dibolong-bolongin  dan dipotong-potongin macam Ninja TU 155 agar ringan. Kalau yang satu ini belum berani bolongin rangka, tapi sudah nekat pakai tangki bahan bakar yang tipis.

Ova si pemilik motor yang juga salah satu anggota  komunitas Ninja Funky Modified (NFM), tak ingin  motornya cuma dinilai dirinya sendiri. Didukung NFM dia pun ikut kontes kecantikan motor di beberapa event di Jakarta. Juri sih terpikat harmonisasi fairing, bodi samping yang asik, tangki dan cat agak norak.

Bodi pada fairing dipasang milik Ninja SSR dan cover bodi belakang Kawak KR150SP yang mengaspal di Thailand. Biar lebih kental konsep Thailooknya, Awa juga memapas jok, tapi belum setipis yang di drag bike benaran hanya pakai papan. Ini masih ada busanya, agar bokokong  pengendara dan pebonceng masih layak duduk di situ. Apalagi Ninja ini masih dipakai sehari-hari. Beda dengan drag benaran hanya dikebut 201 meter. “Cat merah, putih dan biru agar lebih terasa nuansa thailooknya,” ujar Awa Setiwan dari GA-Racing yang bertugas mercacik di Jl. H.Simang No.1 Setu Babakan, Jakata Selatan

Di kontes modif alas racing, wajib ada nuansa racing. Soal itu dimainkan pada part yang memang racing. Contoh blok mesin yang variasi model kipas milik Ninja Thailand dan dipercantik dengan penampilan seperti warna karbon. Tak hanya itu selang radiator, baut, stabilizer setang, tabung minyak rem, handel rem  semua dipasangkan pernak-pernik warna-warni racing.

Pada kaki-kaki, lengan ayun alumunium yang memang sering dipakai motor-motor drag. Awa cerita sedikit tentang pemasangan monosok  sedikit berbeda. Karena pegangannya terdapat di atas. Itu terpaksa harus diganti dengan lebih pendek seperti  Nova Dash.  Pegangan tersebut diubah posisinya lebih rebah dengan dipindah mundur. Teknik itu dipakai agar  terlihat lebih rendah tetapi buntut bodi belakang masih ada kesan nungingnya.

Tabung sokbreker depan pakai Honda Beat agar cakram bisa dipasang pada sebelah kiri. Dudukan pada tabung membutuhkan tukang bubut. As sokbreker  depan pakai punya Sonic. Terakhir pelek-peleknya yang mungil ala drag yang lingkarannya tetap 17 inci. Dengan begini  prestasi pernah juara 1 Kontes Otomotif Technomart, juara 2 di Parjo Senayan, Juara 3 di Bosjak Senayan dan sebagainya juara yang susah disebut atu-atu. “Kedepannya akan ikut kontes lagi, semoga aja dapet lagi gelar,” harap Awa tanpa punya cita-cita motornya akan ikut drag bike benaran dan cukup jadi komokarap. Prat

BACA JUGA

Modifikasi Kawasaki Ninja 150 TU Drag Bike; Karya Dwi Batank Rasio Standart, 7,1 Detik..!

Modifikasi Mio Drag Bike; Porting Out 110% Diameter Klep, 7,5 Detik Matik 200!

Modifikasi Satria FU150 Drag Bike; Model Porting Terompet, Best Time 7,6 Detik OMR!

Modifikasi Jupiter Dragbike: Disokong Karbu UMA 30, Time 8,2 Detik Bebek Tu 130 cc

Modifikasi Ninja Rangka Std Drag Bike: Karya Pemula, 7,6 Detik Joki Pemula! Stroke Up Rasio Matik!

Data modifikasi :

Motor: Kawasaki Ninja 150 R Tahun 2012

Pemilik: Meksia Lova

Builder: Awa Setiawan

Bengkel: GA-Racing (Jl. H.Simang No.1 Setu Babakan, Jakata Selatan)

Konsep: Thailook Racing Drag

Rangka: Standar

Body: Fairing Ninja SSR / Buntut Ninja KR SP 150

Spedometer: Koso

Lampu: Depan dan Belakang Blind Carbon Style

Jok: Custom Kulit Somjin

Tangki: Custom Thai Drag Style

Swingarm: Drag Thailand (Alumunium)

Sock Belakang: Mono Sock (Nova Dash) Tabung Yss

Sock Depan: Honda Beat / Tabung Sock Honda Sonic

Kaliper: Brembo

Tali Rem: PSI

Knalpot: Honda RS 135

Baut: Probolt

BAGIKAN