nhk

Modifikasi Kawasaki Ninja 250, Berpikir Terbalik-Balik

ManiakMotor – Fairing futuristik Ninja dirancang ulang jadi  model tempo dulu. Cafe racer sikit-skit naked, bro. Gaya balap klasik dengan modal fairing pelat galvanis. Ditambah kaki-kaki gambot adalah modifikasi out off the box. Maksudnya, berpikiran terbalik motor baru jadi tua. Kepala di bawah dan kaki di atas… hehehe, sirkus ya..

Penampilan futuristik canggih Ninja 250 dibikin tua, ya hanya ada di karya modifikasi. Jurus modifikasi bolak-balik. Para insinyur Jepang yang telah peras otak sampai botak agar konsumen tertarik pada Ninja 250, tidak pake bagi modifikator. Basis Ninja sudah besar, dibentuk apa saja gampang, tanpa memermak rangkanya,” kata Donny Ariyanto, pemilik rumah modifikasi Studio Motor pada Kawak Ninja 250 edisi 2008 milik Arto Soebiantoro itu.

Pnampilan toku, trend yang sebenarnya menjalar pada hobi modif kuda besi saat ini. Bedanya dengan yang satu ini, motor muda direhap zadul. Kan biasanya para pehobi membangunnya benar-benar dari motor tua. Mereka melacak onderdil motor yang layak jadi loa’an, dibikin segar dan diteruskan jadi cafe racer. Nyentrik, memang.

Modifikator di Jl. Kesehatan Raya no. 3A, Bintaro, Jakarta Selatan itu, meracik ulang tangki, boks samping, buntut dan fairing. Tarikan-tarikan bodi dari pelat galvanis 0,8 mm sampai 1 mm, lebih banyak membulat yang diakhiri kotak. Bukan kembung yang dituntas runcing seperti desain era mutakhir. Buntut tawon yang zaman itu dan era gile sekarang yang masih nyambung, pun tidak disambung. Bukan berarti Jaka Sembung naik kuda besi. Basi..!

Ninja ini justru desainnya turun lagi ke era Giacomo Agostini. Itu lho, legenda balap motor 60-an yang rekor juaranya sedang dikejar Valentino Rossi. Buntut kotak yang meneruskan konstruksi single seater alias jok tunggal ala balap. Alasannya, “Menyesuaikan dengan windshield arcrylic dan desain tangki bahan bakar, agar nyambung,” papar Donny pada Ninja yang tidak full fairing, karena dipakai harian.

Sebenaranya bertahan dengan kaki-kaki standar Ninja sudah cukup. Tetapi, manusia tidak pernah puas, selalu ingin buas. Hehehe, cukup! Pelek, lengan ayun sampai sokbreker depan pakai limbah moge Suzuki GSX-R750 lansiran 2006. Cerita kaki-kakinya silakan telepon pemodif-nya, ada kok di Data Modifikasi. Adib

MODIFIKASI LAIN:
Modifikasi Yamaha ‘Jupiter M1’, Pakai Otak Miring
Modifikasi Suzuki Thunder 250 , Pakem Moto3 Dan GSX600
Modifikasi Mio Soul, Api Terus
Modifikasi Honda Vario, Milik Istri Pemulung
Modifikasi Honda Dream 305 1972, Nyali CR
Modifikasi Honda CBR250, Always Number One
Modif Kawak D-Tracker, Cuma Variasi
Kawak Ninja, Drag Tipu-Tipu
CB650 Jok Tunggal Buntut Tawon

 

Data modifikasi

Lampu depan                       : Yamaha Vixion

Lampu belakang                  : variasi

Footstep                                : Yoshimura

Spion                                    : variasi

Studio Motor                         : 021-92653870

BAGIKAN