nhk

Modifikasi Kawasaki Ninja 250 (Jakarta), Pelek Magnesium 16,5 Inci, Bodi Limited Edition

 

ManiakMotor – Modifikasi mewah Kawasaki Ninja 250 cc 2009 ini dibikin racing look. Caranya, pakai suspensi upside down Ohlins asli milik  Kawasaki ZX-10R. Bukan asal pasang, tapi lewat pengetahuan soal suspensi.  Termasuk kombinasi dengan pelek pesanan khusus yang bahannya dari magnesium ringan yang satu set dengan rem Brembo. Dituntaskan dengan bodi limited edition. Nggak percaya? Ya lihat fotonya, nggak bohong. Baru cerita pelek saja sudah habis Rp 50 jeti, duit semua itu bro.

SUSPENSI

Panjang as sokbreker sport itu dari 72 sampai 76 cm, itu dibagi sesuai kapasitas mesin dan tipe. Di atas itu naked bike, di atasnya lagi motocross yang punya travel yang panjang. Itu pengaruhnya pada riding style.  Ninja ini pakai as fork  76 cm. Untuk jadi racing, dibikin  74 cm dengan menurunkan setang clip –on 20 mm atau 2 cm. Pakai barang-barang istimewa, tetapi tidak melupakan harmonisasi dan konsep racing. Contoh sokbreker depan itu,” kata Ariawan Wijaya dari rumah modifikasi Baru Motor Sport di kawasan Palmerah, Jakbar.

Prinsifnya garpu depan seperti itu mudah diatur tinggi dan rendahnya. Tidak ada acara potong-potong as sokbreker. Sayang, dong bila main potong, itu suspensi mahal. Perbandingan harganya saja, Ohlins untuk bebek, bisa beli bebek lagi. Apalagi yang ini, bisa beli kerbau sekadang-kandangnya dan termasuk sesawah-sawahnya yang dibajak kerbau itu, kalee. Itulah hebatnyaOh Papa, Oh Mama, eh, Ohlins buatan Swedia yang ngetop di semua balapan dunia. Kecuali karapan kerbau di Madura yang nggak pakai Ohlins, walau balapan itu ngetop di dunia parawisata.

Belum lagi sokbreker belakang bawaan Yamaha R1. Jika sudah sebut motor ini, berarti beserta lengan ayun atau swing arm. Soal pemasangannya telah dijelaskan berulang-ulang. Potong masing-masing ujung lengan ayun 5 mm, supaya poros arm muat pada rumah as lengan Ninja 250. Lalu beli laher bambu berikut bushingnya. Hasilnya as lengan dan rumahnya jadi poros landasan gerakkan arm R1. Berarti jarak poros roda lebih panjang 30 mm dari aslinya Ninja 1.3990 mm. Lho dijelaskan juga. Sengaja, supaya brosist makin maniak modifikasi sama dengan maniakmotor.com, bahwa penampilan yang apik ini didapat lewat pertukangan modifikasi. Bukan lewat Eyang Subur…

PELEK & BODI

Nah ini dia pelek yang disebut tadi. Tentu saja dipasang di antara lengan ayun R1 untuk belakang dan depan pada sokbreker Ohlins tadi. Ini pelek bersertifikasi American Superbike 2011. Ukurannya 16,5 inci, racing only. Lingkar pelek seperti ini dimulai dari MotoGP, alasannya biar kompon ban akan lebih banyak dari yang 17 inci.  Ternyata diikuti sampai ke AMA (American Motorcyclist Association) pada superbike-nya atau balap moge.

Bahan magnesium itu lebih ringan 40 kg dari alumunium. Seharusnya cocok ntuk meningkatkan akselerasi seperti di balap. Apalagi peleknya dibeli bersama dengan ban slick, kompon racing. Sayangnya ini pura-pura balap, bahkan mungkin hanya dielus-elus ketimbang digeber-geber. Tapi silakan senyum lebar dengan harga pelek gocap tiauw itu termasuk ban dan lain-lain bawaan pelek.

Kaki-kaki sudah racing, bodi juha harus kompetisi. Katanya sih diciptakan sendiri oleh BMS dari bahan serat kaca. “Salah, itu bodi  special order dari Lent Automodified, di Probolinggo, Jawa Timur. Kebetulan teman baik dan Lent memang spesialis fiber,” tambah Ari meluruskan bodi yang ‘buta’ karena nggak ada batok lampu. Ya, persis bodi balap.

Bodi ini tidak sampai membuat dudukan baru pakai pelat setrip. Pegangan baut dibuat sama seperti aslinya. Termasuk deltabox yang ngarangalias kondom. Maksudnya bahan fiber juga, itu lebih dari cukup bikin kekar penampilan atau menyesuaikan dengan kaki-kaki yang gambot-gambot. Adib

MODIFIKASI LAIN

Modifikasi Honda Tiger (Jakarta), Bodi Karya ‘Ki’ Topo..!

Modifikasi Honda Tiger 2013 (Kalimantan Timur), Ducati Monster..!

Modifikasi Honda CBR 250 (Tangerang), Hanya Main Bodi, Cui..!

Modifikasi Yamaha XS650 (Jakarta), Café Racer Part Racing Asli MotoGP Tempo Dulu

Modifikasi Suzuki Thunder (Jakarta), Café Racer Ukiran Kayu

Data Modifikasi  
Ban depan : Pirelli Superbike 120/75-16,5
Ban belakang : Pirelli Superbike 190/60-16,5
Pelek : Carrozeria Superbike 3,5 dan 6,25 x 16,5 inch
Upside down : Ohlins Kawasaki ZX-10R
Segitiga : X-Race
Caliper : Brembo
Master rem : Brembo RCS 19
Master kopling : Brembo RCS 16
Hand grip : Rizoma
Pro guard : KTC Racing
Gas cap : X-Race
Rantai : RK Racing
Gir : Driven
Knalpot  : Nassert Bet Japan
Footstep : Nassert Bet Japan
Monoshock : MUPO
Bodi : Lent Automodified
BMS : Jl. Palmerah Barat No.25, Jakarta Barat.
    021-92925551/ pin bb 32555bb3 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353